Kampung Batik Kauman Pekalongan Menjadi Wisata Budaya Sejak 2007

Icha Trans-Kampung batik Kauman Pekalongan terkenal dengan sentra industri batik, batik yang dihasilkan pun beragam yaitu dari batik tulis, batik cap dan kombinasi dari batik tulis dan cap. Untuk motifnya pun cukup beraneka ragam. Batik yang di produksi telah dipasarkan dari ujung sabang sampai merauke bahkan telah sampai ke mancanegara. Banyak pengunjung berdatangan ke kampung kauman untuk belajar membatik.

Sejarah Kampung Batik Kauman Pekalongan

Sejarah Kampung batik Kauman Pekalongan merupakan cikal bakal dari pengrajin batik yang ada di Pekalongan. Kampung batik kauman memiliki motif yang sangat lengendaris loh sobat!. Batik tersebut ialah batik bermotif jlamprang, motif jlamprang sendiri merupakan perpaduan antara batik Cina dengan batik Arab. Dan beberapa motif batik lainnya seperti batik encim, batik encim memiliki motif akibat pengaruh dari cina. Batik-batik tersebut telah dibuat sejak zaman penjajahan loh.

Adanya bangunan-bangunan tua di kawasan kauman menjadi salah satu buktinya, salah satu bangunan tersebut ialah Masjid Jami yang dekat dengan lokasi dan berdiri sejak tahun 1852. Kampung batik kauman sudah memiliki banyak pengrajin di tahun 1900an. Dan disitulah pada tahun 2007 resmi menjadi kampung wisata serta menetapkan kampung batik kauman sebagai cagar budaya nusantara pada tahun 2015 yang lalu. Sejak peresmiannya menjadi tempat wisata batik, di Kampung Batik Kauman Pekalongan selalu menggelar festival setiap tahunnya.

Alamat dan Rute Menuju Kampung Batik Pekalongan

Pekalongan yang terkenal sebagai Kota Batik ini mempunyai banyak pengrajin yang memproduksi maupun menjual kerajinan batik mereka di rumahan ataupun ke pasar grosir setono yang ada dipekalongan. Namun, jika kalian ingin belajar lebih mengenai Batik di Pekalongan, selain pergi mengunjungi Museum Batik Pekalongan kalian juga bisa berkunjung langsung ke Desa Wisata yaitu Kampung Batik Kauman. Kampoeng Batik Kauman Pekalongan merupakan wisata budaya dan belanja yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Kampung Batik Kauman berada dibelakang Masjid Agung Al-Jamu persis. Rute menuju lokasi sangat mudah dilalui loh gaes. Jika kalian berangkat dari arah Semarang, kalian akan menjumpai Mall Ramayana Pekalongan lalu lurus menuju perempatan lampu merah belok kanan dan kasuk jalan RA. Kartini. Ikuti saja Jalan RA. Kartini hingga menjumpai Jl. Wahid Hasyim Pekalongan. Sesampainya kalian di pertigaan batik putri amanda ambil kiri dan sampailah di tujuan kalian.

Jam Operasional Kampung Batik Kauman

Jam operasional nya kampung batik kauman Pekalongan dimulai dari jam 08.00 sampai jam 20.00 malam, setiap hari senin sampai dengan hari minggu.

Showroom Batik Kauman Pekalongan

Showroom Batik Kauman didirikan berdasarkan inisiatif masyarakat nya. Showroom bernamakan Omah Kreatif ini digunakan sebagai tempat workshop untuk berkumpulnya para pengrajin batik. Mereka juga membentuk POKDARWIS atau Kelompok Sadar Wisata, karena mereka sadar akan potensi yang dimiliki. Kalian juga dapat mengunjungi tempat ini, sekaligus mengamati pengrajin membuat karya batik mereka. Kalian juga bisa berbelanja batik disana, karena disana terdapat beberapa toko batik yang telah disediakan. Produk Kampung Batik Kauman Pekalongan Produk batik yang dihasilkan oleh pengrajin dari kampung batik kauman Pekalongan cukup beragam ada batik cap, batik tulis dan printing.

Kain-kain batik yang dihasilkan kemudian dikembangkan menjadi berbagai macam produk yang siap pakai. Dengan motif khas dari daerah Pekalongan menghiasi produk-produk tersebut. Produk-produk yang dihasilkan seperi kain jarik, syal, kebaya, kemeja, blouse dan lain sebagainya. Tidak hanya barang siap pakai saja, mereka memiliki kekreatifan membuat produk berupa benda hias seperti gantungan kunci, gantungan tas dan beberapa merchandise lainnya.

Motif Batik Khas Pekalongan

Pekalongan terkenal sebagai kota batik, sudah tidak heran kalau Pekalongan memiliki berbagai macam motif batik. Dan motif batik yang sangat terkenal di Pekalongan yaitu motif Jlamprang motif ini sudah ada sejak zaman penjajahan.

Kampung batik kauman Pekalongan
Batik motif jlamprang

Ada juga motif lain yang tak kalah terkenal nya dari motif jlamprang yaitu motif liong, tujuh rupa, semen, sawat, buketan, lung-lungan, pisang bali, terkenal bulan dan beberapa motif lainnya. Setiap motif yang dihasilkan selalu memiliki arti tersendiri yang membuat batik terlihat lebih bermakna. Motif jlamprang memiliki arti yaitu bersilaturahmi, yang di ambil dari agama islam. Dan untuk motif semen memiliki makna bersemi atu tumbah. Dari beberapa motif motif yang ada kebanyakan merupakan pengaruh dari Tiongkok.

Icha Trans

Demikin artikel yang bisa kami sampaikan kepada sobat sebangsa dan setanah air, semoga memberikan banyak manfaat bagi kita semua yah sobat! Kalian pasti tertarik kan mengunjungi Kampung Batik Kauman Pekalongan. Kampung Batik Kauman Pekalongan merupakan wisata budaya yang begitu menarik. Saat kalian sedang datang ke Pekalongan, jangan lupa mampir ke Kampung Batik Kauman Pekalongan dan belajar ataupun belanja batik disana. Untuk mengujungi lokasi wisata tersebut, sobat traveler tidak perlu bingung untuk menaiki kendaraan apa kesana. Disini kami icha trans travel dengan armadanya siap menemani perjalanan anda yang aman, nyaman dan menyenangkan. Caranya, tinggal kalian hubungi melalui whatsapp yang tersedia

Check Also

Taman Menteng, Populer Dan Bersejarah

Taman menteng merupakan taman yang berada di kawasan menteng. Taman ini cukul bersejarah dan hingga kini menjadi wisata paling populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.