1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi - Icha Trans
1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi  – Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang menarik  untuk dikunjungi. Salah satu provinsi yang berada di ujung tumor Pulau Jawa ini memang menawarkan beragam wisata alam, Wisata Sejarah maupun wisata kekinian. Dengan kondisi Geografisnya, jawa timur menawarkan keindahan yang tiada duanya mulai dari pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun.

Selain itu, Jawa Timur juga dikenal sebagi provinsi yang memiliki sejarah yang menjadi Lokasi berbagai Kerajaan besar nusantara yang ada pada zaman dahulu. Dan tentunya meninggalkan saksi bisu sejarah Nusantara yang bisa kita saksikan sampai saat ini. Nah kali ini, Icha trans akan  membahas Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Sobat Traveler kunjungi Ketika berkunjung ke jawa timur. Masing masing kabupaten yang ada di Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata unggulan. Berikut ini adalah beberapa daftar Destinasi wisata yang ada di Jawa Timur

Baca Juga: 14 Objek wisata semarang ini Wajib Kalian Kunjungi!

Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Gunung Bromo

Daftar ini dimulai dari Gunung Bromo yang merupakan ikon dari Jawa Timur yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pada tiap tahunnya, ada banyak wisatawan asing dari berbagai penjuru Dunia yang berdatangan ke tempat wisata Alam di Jawa Timur ini. Biasanya turis ini datang pada saat liburan musim panas. Mereka ingin melihat sendiri keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini.

Gunung ini secara administratif berada di Kabupaten Probolinggo. Gunung ini menawarkan 3 pesona yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pertama adalah lautan pasir yang luas. Berjalan dari parkiran hingga ke puncak gunung akan membuat sobat traveler merasa seperti berada di gurun pasir. Kedua adalah pemandangan dari jauh yang Instaramable dan akan membuat kamu mendapatkan beragam foto yang eksotis.

Dari kawasan Penanjakan kamu bisa menyaksikan matahari terbit yang menembus kabut. Dan Pesona Ketiga adalah sensasi menunggang kuda di padang pasir. Kalau kamu tidak kuat melakukan perjalanan, sewalah kuda hingga ke kaki gunung lalu kemudian naik tangga hingga ke puncak.

Air Terjun Madakaripura

Wisata Alam lain yang bisa sobat traveler kunjungi adalah Air Terjun Madakaripura. Setelah mengunjungi Gunung Bromo maka jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata yang dimiliki oleh Probolinggo ini. Air terjun megah ini menawarkan keindahan berupa perbukitan hijau yang ditumbuhi lumut, udara lembap dari air terjun yang mengucur ke bawah, dan ruang di antara tebing yang cocok untuk tempat mengambil foto.

Baca Juga  10 Wisata Curug di Purbalingga Kota Seribu Curug Yang Mempesona

Baca Juga: Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Konon kabarnya, selain pemandangan dan bentang alam, hal yang paling menarik yang dimiliki air terjun ini adalah ceritanya. Di masa lalu, air terjun ini konon digunakan oleh Patih Gajah Mada yang sakti mandraguna untuk bertapa dan mendapatkan moksa. Namun, pada akhirnya beliau hilang di sini dan tidak pernah ditemukan lagi. mungkin dikarenakan cerita yang berkembang ini, sobat traveler akan menemukan patung Gajah Mada yang berukuran besar pada pintu masuk kawasan.

Jatim Park

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jawa Timur tanpa mengunjungi Jatim Park yang memiliki 3 Kawasan ini. Jatim Park adalah taman bermain yang berada di Kota Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan wahana yang unik dan cocok untuk anak-anak dan dewasa. Dengan harga tiket masuk beragam, tergantung paket yang dipilih, mulai dari Rp30.000 hingga Rp170.000 per orang, Sobat traveler dapat menghilangkan penat dengan bermain di sini.

Di Jatim Park 1, kamu bisa bermain sampai puas di aneka wahana yang disajikan. Selanjutnya di Jatim Park 2, kamu bisa menikmati dua atraksi yang menarik. Pertama ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari berbagai dunia dan yang kedua adalah Museum Satwa yang berisi koleksi hewan yang telah mati dan diawetkan untuk keperluan edukasi.

Sedangkan Jatim Park 3 merupakan tempat wisata terbaru yang mereka miliki. Ada beberapa zona di dalamnya: Little Amsterdam, Kampung Jepang, India, Korea, Forbidden City China, Dino Park, Zombie World dan masih banyak lagi. Selain berfoto, beberapa area memiliki atraksi permainan khusus.

Museum Angkut

Selain jatim park, Sobat traveler juga dapat mengunjungi Museum Angkut masih terletak di kawasan Kota Batu. Disini sobat traveler akan menemukan beragam koleksi kendaraan untuk angkutan dari zaman kuno hingga modern. Ada aneka sepeda, motor, mobil, hingga miniatur pesawat terbang yang dipajang untuk menarik banyak wisatawan.

Selain menawarkan aneka koleksi kendaraan, museum yang memiliki luas hingga berhektare-hektare ini juga memiliki bagian bertema. Bagian dari museum didesain mirip sekali dengan kawasan Hollywood hingga Eropa Kuno. Pada beberapa kesempatan juga ada parade mirip seperti karnaval. Dengan koleksi kendaraan lebih dari 300 buah, kawasan Museum Angkut cocok untuk tempat foto. Setiap hari ada ratusan orang berburu gambar di titik-titik menarik atau melakukan swafoto bersama dengan teman-teman.

Baca Juga  WISATA NEPAL VAN JAVA, TEMPAT TERBAIK UNTUK MEREFRESH PIKIRAN

Baca Juga: Wisata Goa Jatijajar Kebumen, Legenda Lutung Kasarung

Kawah Ijen

Tidak kalah dengan Bali, Kawah Ijen juga salah satu ikon wisata kedua dari Jawa Timur yang sangat mempesona. Sobat sapat mengunjungi Daerah Banyuwangi untuk liburan di sini. Kawah Ijen adalah kawah dari gunung yang terus mengeluarkan belerang. Keunikan inilah yang menjadi tujuan wisatawan yang ingin merasakan pendakian kecil sembari menyaksikan bentang alam yang menakjubkan.

Sobat akan menemukan puluhan penambang Belerang yang sedang mencari bongkahan belerang di kawasan ini. Selain itu, pesona blue fire yang merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia juga bisa sobat traveler temukan di Kawah ijen. Saat dini hari, kawasan kawah di gunung ini memendarkan warna biru seperti api. Untuk bisa menyaksikannya, wisatawan harus berangkat pukul 01.00 atau 02.00 pagi agar sinar matahari tidak mengaburkan fenomena menakjubkan ini.

Pantai Klayar

Ketika berada di kawasan selatan Jawa Timur, Sobat juga harus mengunjungi Pantai Klayar yang ada di Kabupaten Pacitan. Pantai ini terkenal di Kabupaten Pacitan ini tak kalah mempesona dari kawasan Bali dengan Devil’s Tearnya. Pantai Klayar yang menawarkan deburan air ke udara. Saat ombak mengenai kokohnya batu karang. Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang menghadap ke samudra Hindia yang terkenal akan ombaknya yang sangat ganas. Bahkan, setiap hari gelombang airnya selalu berubah sehingga tidak cocok untuk lokasi berenang atau melakukan aktivitas laut lainnya.

Wisatawan yang datang ke Pantai Klayar bisa menikmati pemandangan perbukitan karang yang terukir alami oleh air plus ombak yang besar dan selalu menciptakan atraksi. Selain itu, keadaan alam sekitar juga masih alami karena telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Baca Juga: 9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi

Situs Purbakala Trowulan

Seperti yang disebutkan di atas, Jawa Timur memang menyimpan cerita kejayaan Kerajaan Nusantara di Masa lalu. Salah satunya dapat kita saksikan di kawasan purbakala paling menarik di Jawa Timur yang terletak di Trowulan Mojokerto. Dahulu kala, kawasan ini merupakan ibu kota dari Majapahit hingga akhirnya hancur. Ada cukup banyak peninggalan situs budaya mulai dari candi, kolam segaran, hingga gapura yang konon menunjukkan rumah Gajah Mada.

Baca Juga  5 OBYEK WISATA DI SEMARANG UNTUK LIBURAN SERU

Trowulan berada di tengah kota & kompleks purbakalanya tersebar di beberapa tempat. Untuk bisa mengunjungi semua tempat yang menarik, disarankan datang dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain memiliki aneka situs budaya, pemerintah Mojokerto juga menjadikan desa di dekat candi menjadi kawasan wisata. Bagian depan rumah penduduk dibangun sebuah ruangan mirip bangunan zaman kuno yang bisa digunakan sebagai toko atau tempat wisatawan bersantai saat lelah menjelajahi Trowulan.

Taman Nasional Baluran

Selain Gunung Bromo, Jawa Timur juga menawarkan keindahan alam Taman Nasional Baluran yang terletak di dua wilayah kota yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Kawasan Taman Nasional ini memiliki luas mencapai 25.000 hektare, yang terbagi menjadi beberapa wilayah yang berbeda. Pertama ada kawasan pegunungan dengan Gunung Bauran sebagai puncak tertingginya. Selanjutnya ada kawasan hutan musim, hutan mangrove di dekat pantai, dan sabana.

Taman nasional ini memiliki sabana yang sangat luas. Saat musim hujan tiba, kawasan ini akan menjadi hijau dan dipenuhi banyak sekali binatang liar. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini bisa menyaksikan banteng, kerbau liar, anjing hutan, kijang, rusa, hingga macan tutul. Untuk bisa menikmati aneka satwa dan bentang alam, wisatawan bisa mengunjungi beberapa pos pengamatan di Batangan, Bekol yang memiliki banyak merak, ayam hutan, dan rusa, Bama yang dekat dengan pantai, Manting, dan Kalitopo.

Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung atau kerap dijuluki dengan nama G-Land merupakan pantai yang sangat unik di Banyuwangi. Setiap harinya, ada puluhan turis asing datang ke sini untuk melakukan aksi seluncur di atas gelombang air. Ombak di tempat wisata di Jawa Timur ini dikenal sebagai salah satu ombak terbaik di dunia sehingga keberadaannya selalu menarik perhatian banyak peselancar mancanegara.

Selain memiliki ombak yang sangat besar, Pantai Plengkung juga memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan bisa melakukan relaksasi di pinggir pantai atau menginap di berbagai penginapan yang telah dibangun di sekitar tempat wisata di Jawa Timur ini.

Baca Juga: Link Twibbon Idul Adha 2021, Download Disini!

Pantai Plengkung sangat cocok dikunjungi saat musim panas karena jalanannya tidak lembek dan ombaknya tidak terlalu berbahaya untuk belajar berselancar. Saat musim hujan, cukup sulit untuk menikmati semua keindahan dari pantai.

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - 1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Check Also

9 Pantai Gunung kidul Yang Wajib Disambangi

9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi

9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi – Icha Trans Travel Purbalingga Jogja sudah banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *