Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta - Icha Trans
image 1 - Icha Trans - Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Icha Trans – Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta – Obyek Wisata Pantai Sundak adalah salah satu wisata pantai yang memiliki pesona Keindahan yang Khas sebagai Pantai di Pesisir Pantai Selatan. Pantai ini tepatnya berada di  Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Dusun Pule Gundes, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini juga masih satu jalur dengan beberapa pantai lain yang ada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta seperti Pantai Kukup, Krakal, Baron dan beberapa pantai lain yang ada di Gunungkidul

Ada beberapa keunikan yang dapat sobat traveler temukan di Pantai Sundak Gunung Kidul, keunikan ini yang membuatnya berbeda dengan pantai lain yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Beberapa keunikan tersebut diantaranya adalah nama dari pantai Sundak ini sendiri. Sebelum dikenal oleh para wisatawan dengan nama pantai Sundak, Pantai dengan pemandangan eksotis ini sebelumnya bernama Pantai Wedimbedah. Wedimbedah sendiri berarti pasir yang terbelah. Tentunya tanpa alasan warga setempat menamakan pantai in dengan nama wedimbedah, tak lain dikarenakan pada saat musim penghujan air yang berasal dari daratan akan mengalir menuju ke pantai dan membelah pasir pantai layaknya sungai kecil. Dan sekitar tahun 1976 nama pantai wedimbedah ini diubah namanya menjadi Pantai Sundak.

image 1 - Icha Trans - Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Pengubahan nama menjadi Pantai Sundak Gunungkidul ini berasal dari sejarah atau legenda yang pernah terjadi dan berkembang di sekitar wilayah Pantai ini. Nama Sundak sendiri diambil dari sebuah kejadian yang menceritakan atau menyebutkan peristiwa yang terjadi pada jaman dahulu. Pada dahulu kala dipercaya ada perkelahian antara dua hewan yaitu asu yang dalam bahasa Indonesia berarti anjing dan berkelahi dengan landak. Yang menarik disini adalah peristiwa perkelahian antara kedua hewan ini bukanlah perkelahian mitos belaka namun hal ini benar-benar terjadi pada masa itu.

Baca Juga  Agen Travel Banjarnegara Terbaik, Icha Trans Travel

Sejarah Pantai Sundak

Dahulu kala diceritakan di sekitar pantai ada seekor anjing yang dipelihara oleh penduduk setempat. Penduduk tersebut bernama Arjasangku, pada suatu hari Arjasangku yang sedang mencari makan di bibir pantai berjalan menyusuri pantai sampai pada sebuah gua, bersama dengan anjingnya tersebut ia menemukan landak di dalam gua yang terbentuk dari batu karang. Gua ini sendiri terletak tak jauh dari pantai. Tak lama kemudia terjadilah perkelahian antara kedua hewan ini. Pada akhirnya Anjing milik Arjasangku dapat memenangkan perkelahiannya dan memangsa landak tersebut. Arjasangku yang melihat anjingnya keluar dari gua dengan membawa potongan tubuh landak segera masuk untuk memeriksa ke dalam gua. Hal itu dikarenakan dia merasa heran dengan potongan yang dibawa anjingnya, ia juga bertanya-tanya kenapa ketika keluar dari gua anjingnya itu basah kuyup.

Arjasangku tidak menyangka, selain menemukan potongan tubuh landak yang berasal dari perkelahian dengan anjingnya, ia juga menemukan mata air yang cukup besar. Tak butuh waktu lama untu Kabar ditemukannya mata air ini segera menyebar ke penjuru wilayah Sundak. Hal ini dikarenakan penduduk sekitar Pantai Sundak Gunungkidul selama ini memang hidup dalam kekeringan dan kekurangan air. Maka semenjak kejadian tersebut, nama pantai Wedimbedah diganti menjadi Pantai Sundak Gunungkidul.

Selain keunikan sejarah yang berasal dari latar belakang namanya, Pantai Sundak juga menyuguhkan panorama alam yang  istimewa dan tak akan mudah sobat traveler lupakan . Tebing karang yang ada di sisi timur dan barat Sundak misalnya, bagus untuk dijadikan latar belakang foto. Hamparan pasir putih Sundak juga turut menambah keindahan pantai. Walaupun pantai ini memiliki garis pantai yang tak begitu panjang, Keindahan pantai Sundak ini juga dikenal dengan kebersihan pantainya. Dan yang cukup membuat para wisatawan adalah terdapatnya karang-karang kecil yang menghampar sampai 30 meter dari bibir pantai. Karang-karang tersebut rata dan permukaannya tak kasar, malah terasa lembut di kaki. Ini karena karang-karang tersebut diselimuti tumbuhan-tumbuhan laut yang menyerupai rumput.

Baca Juga  5 PANTAI SNORKELING JOGJA keindahan bawah laut

Akses Menuju Pantai Sundak Gunungkidul

Nah bagi sobat traveler yang ingi menuju ke Obyek Wisata Pantai Kukup Gunung kidul, sobat traveler dapat menggunakan kendaraan umum. Sobat traveler dapat menaiki bus dari terminal Giwangan. Setelah perjalanan satu jam sobat traveler akan sampai di pasar Wonosari. Disana turunlah dan carilah bus kecil ke arah Pantai Baron atau Krakal. Setelah menumpang bus kecil tersebut selama 40 menit sampai satu jam sobat traveler akan sampai di Obyek Wisata Pantai Sundak Gunungkidul.

Akses Menuju Pantai Sundak Gunungkidul

Nah, jika sobat traveler ingin membuatnya lebih mudah, Icha Trans Jogja Solo siap mengantarkan sobat pada perjalan yang aman, nyaman dan menyenangkan.

Sobat traveer hanya cukup menghubungi admin Icha Trans, Icha trans akan menjemput Sobat tepat didepan pintu. Nah itulah sedikit ulasan mengenai pantau sundak.

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Originally posted 2021-02-10 05:59:58.

Check Also

pantai teleng ria pacitan

Pantai Teleng Ria Pacitan, Bermain di Pantai Sepanjang 3km

Pantai Teleng Ria Pacitan, Bermain di Pantai Sepanjang 3km – Pantai Teleng Ria adalah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *