Wisata Goa Jatijajar Kebumen, Legenda Lutung Kasarung
Wisata Goa Jatijajar Kebumen

Wisata Goa Jatijajar Kebumen, Legenda Lutung Kasarung

Wisata Goa Jatijajar Kebumen, Legenda Lutung Kasarung – Goa Jatijajar merupakan objek wisata  Jawa Tengah yang berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Goa Jatijajar adalah salah satu situs geologi alami yang berasal dari kapur. Kondisi ini membentuk gua dengan stalagtit dan stalagmit yang mempesona. Stalagtit dan stalagmit adalah kondisi dimana tetesan air hujan yang berasal dari atas gua bereaksi dengan batuan kapur yang ada. Proses pembentukan stalagtit memerlukan waktu yang sangat lama. 1 cm stalagtit memerlukan waktu 1 tahun .

Oleh karenanya kekayaan alam yang ada ini harus kita jaga agar tetap lestari dan asri. Sehingga generasi yang akan datang masih dapat menaikmatinya. Didalam gua jatijajar kebumen, selain stalagtit dan stalagmite juga terdapat 8 diorama dengan 32 patung. Patung dan Diorama ini menceritakan tentang legenda Raden Kamandaka atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan Lutung Kasarung.

Baca Juga : 9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi

Sejarah Obyek Wisata Goa Jatijajar Kebumen

Menurut sejarah, Goa Jatijajar Kebumen pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang bernama Jayamenawi pada tahun 1802. Awalnya petani itu bermaksud untuk merumput di lahan sawahnya yang berada tepat diatas gua, saat mau mengambil rumput tiba-tiba dia jatuh dan terperosok kedalam gua. Lubang dimana Jayamenawi jatuh adalah ventilasi gua yang letaknya berada di dilangit-langit. Panjang lubang ventilasi tersebut kurang lebih 4 meter dan tinggi gua kurang lebih 24 meter.

Setelah kejadian tersebut, dia melaporkan pada Pemerintah setempat. Setelahnya, Bupati Ambal yang pada saat itu bertugas segera datang dan meninjau lokasi. Sesampainya disana beliau melihat dua pohon jati yang sejajar yang terletak ditepi mulut gua. Oleh karena itu gua tersebut diberi nama Goa Jatijajar. Setelah penemuan itu, pada tahun 1975 keberadaan Goa Jatijajar mulai dikembangkan dan dibangun menjadi sebuah objek wisata.

Baca Juga  8 Trik Pakai Concealer dengan Benar, Biar Enggak Cracking

Baca Juga :Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang

Pembangunan obyek wisata baru ini dilakukan oleh CV. AIS Yogyakarta yang dipimpin Saptoto. Dia adalah seniman diorama yang sangat terkenal dimasanya. Pengerjaan objek wisata Goa Jatijajar Kebumen dibangun kurang lebih 5,5 Ha luas lahan penduduk harus disulap untuk kepentingan pembuatan Obyek Wisata Goa Jatijajar Kebumen. Gua yang awalnya gelap dan licin kini menjadi salah satu obyek wisata Goa yang eksotis dengan patung-patung dan diorama yang ada di sepanjang gua.

Wisata Goa Jatijajar Kebumen

Sekarang pintu masuk berada di Goa Dempok dan rute baru yang dibuat pada sekitar tahun 2017an lalu. Ciri Khas yang akan sobat traveler lihat di Goa Jatijajar adalah sebuah patung dinosaurus yang menjadi simbol penting dari Goa Jatijajar. Sobat traveler akan melewati patung dinosaurus ini ketika masuk ke dalam Goa. Patung ini terlihat mengeluarkan air, sebagai muara dari mata air yang ada di dalam goa, yaitu dari Sendang (Sungai) Kantil dan Sendang Mawar. Kolam yang ada disini biasanya akan terdapat anak-anak sekitar yang berenang untuk mengumpulkan koin yang dilemparkan oleh pengunjung. Menurut kepercayaan yang berkembang, air tersebut tidak akan habis, walaupun dalam musim kemarau sekalipun. Air ini banyak digunakan oleh penduduk sekitar untuk mengairi sawah dan lahan mereka. .

Wisata Goa Jatijajar Kebumen

Baca Juga : Pantai Teleng Ria Pacitan, Bermain di Pantai Sepanjang 3km

Segera saat sobat masuk kedalam goa, sobat traveler akan melihat pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan. Didalam Ruangan Goa Jatijajar diterangi dengan banyak lampu, mulai dari arah masuk hingga ke luar, sehingga kalian tidak perlu khawatir ketika berada di dalamnya. Sobat traveler juga akan menemukan kursi yang melingkar dan berada di tengah ruangan yang bisa digunakan sebagai tempat duduk sembari melihat-lihat sekeliling ruangan dalam gua.

Baca Juga  5 Gaya Kiki Fatmala Berbikini, si Manis Jembatan Ancol Seksi di Usia Setengah Abad

Di Objek Wisata Goa Jatijajar kalian dapat menikmati ornamen stalagtit, stalagmit, dan tiang kapur yang indah. Selain itu, sobat traveler juga akan disuguhi delapan buah deodrama yang dan patung yang berjumlah 32 buah. Patung-patung Di Kawasan Wisata Goa Jatijajar tersebut menceritakan kisah tentang Raden Kamandaka, yang kemudian dikenal dengan Legenda Lutung Kasarung. Konon, gua ini pernah menjadi tempat pertapaan Raden Kamandaka, putera mahkota Raja Pajajaran, untuk mendapat wangsit.

Baca Juga : Jawaban Bacaan Pohon Apel Yang Tulus

Di ruang bawah terdapat beberapa sungai bawah tanah (sendang) yang masih aktif. Sungai-sungai itu merupakan salah satu keistimewaan Objek Wisata Goa Jatijajar. Tercatat ada empat sendang (menurut sumber lain ada tujuh sendang, tapi data yang bisa diperoleh hanya ada empat), yaitu Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Jombor, dan Sendang Puser Bumi. Aliran air di Sendang Mawar melewati lubang sempit yang menembus hingga ke luar gua. Demikian halnya dengan aliran air Sendang Kantil. Konon katanya, jika pengunjung bisa mendekati dan membasuh muka dengan air di Sendang Mawar, maka ia akan awet muda.

Ada pula kepercayaan bahwa jika seseorang membasuh muka atau mandi dengan air Sedang Kantil, maka niat atau cita-citanya akan cepat terkabul. Sementara itu, oleh pihak pengelola obyek wisata Goa Jatijajar, Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi sengaja dikeramatkan. Jika ingin menelusuri lorong gua melalui dua sendang tersebut, pengunjung harus mendapat ijin yang sangat ketat dari pihak pengelola.

Akses Menuju Objek Wisata Goa Jatijajar

Untuk menuju obyek wisata Goa Jatijajar, sobat traveler tidak perlu bingung. Sebab, lokasinya dapat dengan mudah dicapai. Atau sobat juga dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, kalian cukup naik bis umum jurusan Gombong-Jatijajar di Terminal Gombong.

Baca Juga  Mulai Perlahan hingga Pantau Kemajuan, Tips Ampuh Supaya Rajin Olahraga

Icha Trans

Demikianlah artikel kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sobat traveler semua. Dan Ada kabar gembira nih. Icha Trans Travel Purbalingga Solo memperluas jaringan dengan membuka rute baru ke Ponorogo Jawa Timur. Jadi bagi sobat traveler yang ingin bepergian ke Ponorogo jangan lupa untuk menggunakan Jasa Icha Trans Travel Purbalingga Ponorogo untuk Liburan dan Perjalanan Yang Aman Nyaman dan Menyenangkan.Cukup Hubungi Icha Trans Travel Purbalingga pada Link Whatsapp Berikut ini Link Whatsapp

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Wisata Goa Jatijajar Kebumen, Legenda Lutung Kasarung

Check Also

pantai teleng ria pacitan

Pantai Teleng Ria Pacitan, Bermain di Pantai Sepanjang 3km

Pantai Teleng Ria Pacitan, Bermain di Pantai Sepanjang 3km – Pantai Teleng Ria adalah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *