9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi - Icha Trans
9 Pantai Gunung kidul Yang Wajib Disambangi

9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi

9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi – Icha Trans Travel Purbalingga Jogja sudah banyak membahas tentang Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Dan kebanyakan obyek wisata yang ada di Kabupaten di Daerah Istimewa Jogjakarta berupa jajaran pantai yang berada di Pesisir Laut Selatan. Memang sudah tidak perlu diragukan lagi objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini. Dan kali ini icha trans travel purbalingga solo akan merangkum setidaknya terdapat 9 pantai yang indah dan cantik dengan menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang siap memanjakan jiwa dan raga. Nah Langsung saja inilah Daftar 9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi saat liburan di Yogyakarta:

9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi

1. Pantai Baron

9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi dimulai dari Pantai Baron. Pantai ini terletak kurang lebih 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Di Pantai Baron sobat traveler dapat menemukan muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian alami setelah puas bermain air di pantai yang memiliki air yang cukup jernih. Selain bermain air dan melakukan kegiatan wisata. Sobat traveler juga dapat berburu kuliner aneka ikan laut segar maupun siap saji tinggal makan, dengan harga terjangkau.

Dan yang wajib dicoba ketika mengunjungi pantai ini adalah kuliner khas Pantai Baron yaitu Sop Kakap. Untuk mendapatkan momen yang akan dibagikan di instagram atau sosial media lainnya. Pada sisi pantai sebelah timur sobat dapat melewati jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur. Disana ada gardu pandang yang menghadap ke Samudra Hindia yang mempesona. Sobat dapat memanjakan mata sembari beristirahat menghirup udara pantai yang khas.

Baca Juga :

2. Pantai Krakal

Kita lanjutkan perjalanan menuju ke pantai yang kedua yaitu Pantai Krakal. Pantai dengan hamparan pasir putih berpadu dengan kokohnya karang yang ada menghadirkan suasanya yang luar biasa. Pantai Krakal terbentang di ujung dari rangkaian pantai di sisi tenggara Gunungkidul, diantaranya Pantai Baron dan Kukup atau biasa disebut BKK. Pantai Krakal tepatnya berada di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari sekitar 65 km dari kota Yogyakarta. Pantai Krakal adalah pantai terpanjang di Kabupaten Gunung Kidul dengan panjang pantai kurang lebih mencapai 40.000 meter. Sobat dapat menghilangkan jenuh dengan berjalan menyusuri bibir pantai di hamparan pasirnya.

Baca Juga  SPOT WISATA SUNSET JOGJA INDAH TIADA DUANYA

Pada disi barat dan timur sobat dapat melihat jajaran tebing karang yang kokoh walaupun diterjang ombak. Yang menjadi ciri khas pantai ini adalah munculnya beragam ikan hias di waku tertentu. Pada saat laut sedang surut, kadang sobat akan dapat melihat ikan hias seperti Kepe, Bustum dan Pogat yang mempunyai ukuran besar serta ikan hias Tliger yang kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang. Ikan-ikan ini juga lebih banyak bermunculan saat awal bulan dibanding akhir bulan.

3. Pantai Drini

Pantai yang terbagi menjadi 2 itulah Pantai Drini, pantai yang letaknya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu terdapat sebuah pulau karang yang ditumbuhi pohon Drini. Hal itulah yang menjadi cikal bakal penamaan pantai indah di Gunung Kiduk ini. Seperti Pantai Drini memiliki hamparan pasir putih dan batu karang yang berdiri kokoh yang pasti mempesona.

Pantai Drini yang memiliki hamparan pasir putih ini terbagi menjadi dua bagian, sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur, yang memiliki karakter berbeda. Pada bagian pantai sisi sebelah barat, terdapat hamparan pantai yang memanjang. Sedangkan pada sisi sebelah timur, terdapat teluk kecil yang menghadap ke arah tenggara.

Tiap sisi bagian laut dipisahkan oleh sebuah batu karang besar. Jika air sedang surut, pemisahan Pantai Drini pada sisi sebelah barat dan timur tidak terlihat jelas. Pada saat terjadi pasang, air laut akan bergerak menuju kearah barat dan menggenangi beberapa bagian pantai. Genangan inilah yang akhirnya membuat karang besar yang pada mulanya sebagai pemisah antara kedua pantai akan terlihat seperti sebuah pulau kecil di tengah Pantai Drini.

Baca Juga: Agen Travel Purbalingga Terbaik Nomor 1 untuk Anda

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti termasuk pantai yang mempunyai konsep modern dan menjadi rekomendasi banyak traveler. Memang pantai ini agak berbeda jika dibandingkan dengan jajaran pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Walaupun memiliki kontur yang hampir serupa yaitu hamparan pasir putih dan batuan karang, namun untuk menarik wisatawan baik asing maupun lokal pihak pengelola memberikan sentuhan yang terlihat modern.

Ketika sobat traveler datang untuk berlibur ke pantai Indrayanti, sobat akan merasakan suasana pantai modern denganpenataan lokasi yang apik. Selain itu, pengelola juga menyediakan fasilitas untuk menunjang kebutuhan para pengunjung di Obyek Wisata Pantai Indrayanti yang bisa dibilang cukup lengkap. Saat memasuki lokasi Wisata Pantai Indrayanti, terlihat restoran berjejer rapi di sepanjang pinggir pantai.

Tak ketinggalan juga hamparan pasir putih dan batu karang yang semakin memaksimalkan Pesona Pantai Indrayanti. Sobat akan merasakan seperti sensasi liburan di pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Jadi memang Pantai Indrayanti harus masuk ke dalam Daftar 9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi saat liburan.

Baca Juga  Curug Dago Bandung, Peninggalan Raja Rama 5 Thailand

5. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan  Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Memang Obyek Wisata Pantai Sepanjang tidak menawarkan hal-hal yang modern. Di Pantai ini sobat tidak menemukan café, cottage, ataupun hotel mewah.

Namun bagi sobat traveler yang ingin berkunjung ke pantai pasir putih di pesisir selatan Kabupaten Gunung Kidul ini, akan dimanjakan dengan pantai yang masih alami dan asri. Sobat traveler perlu menempuh perjalanan darat sejauh kurang lebih 70 km selama 2 jam dari pusat kota Jogja.

Dan saat sobat sampai di lokasi pantai sepanjang, lelah sobat akan terbayar dengan desiran ombak dan kesegaran udara alam di area pantai. Di Obyek Wisata Pantai Sepanjang sobat juga masih bisa menemui berbagai jenis binatang laut dan kerang-kerangan. Namun harus tetap berhati-hati ya, karena masih tergolong alami pantai ini masih terdapat banyakn landak laut yang berduri tajam.

Baca Juga : TIKET MASUK ELING BENING ,AMBARAWA DI ATAS AWAN

6. Pantai Sundak

Obyek Wisata Pantai Sundakadalah salah satu wisata pantai yang memiliki pesona Keindahan yang Khas sebagai Pantai di Pesisir Pantai Selatan. Pantai ini tepatnya berada di  Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Dusun Pule Gundes, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini juga masih satu jalur dengan beberapa pantai lain yang ada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta seperti Pantai Kukup, Krakal, Baron dan beberapa pantai lain yang ada di Gunungkidul.  Pantai Sundak memiliki panorama alam yang sangat indah.

Maka tak heran jika belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunungkidul. Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik tersendiri di pantai ini. Di pantai ini Anda akan disuguhkan bukit-bukit kapur yang eksotis dan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

7. Pantai Siung

Pantai Siung terletak di wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Bisa dibilang Obyek Wisata Pantai Siung masih tergolong pantai yang sangat terpencil. Hal ini menyebabkan fasilitas yang tersedia masih sangat minim. Ketika sobat traveler mengunjungi obyek wisata pantai siung.

Sobat hanya akan menjumpai tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk sementara akomodasi hotel belum tersedia dikawasan wisata pantai siung. Namun karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai memiliki peran penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang membuat pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.

Baca Juga  KEGIATAN SERU DI AGROWISATA LEMBAH ASRI PURBALINGGA

8. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul,  2 km dari pantai Ngrenehan. Selain menyimpan pesona alam yang masih perawan, Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul sekitar 65 kilometer dari Kota Yogyakarta ini juga memiliki keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas dari Pantai ini, yaitu adanya sebuah pura yang berada di ujung karang, mirip seperti pura yang ada di pulau Bali, di dalam Pura tersebut terdapat banyak patung-patung dewa, selain itu para pengunjung juga bisa melihat secara langsung keindahan laut lepas yang begitu mempesona dari pura ini.

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik di Kabupaten Gunungkidul. Belum banyak yang tahu tentang pantai ini dibandingkan dengan Pantai Baron ataupun pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Padahal keindahan pantai dan wilayah sekitarnya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Saat berkunjung ke Pantai Ngobaran sobat traveler akan disuguhi panorama tebing atau bukit-bukit batu yang berada di sekitar pantai. Dari sisi lain akan terlihat pantai dengan tebing-tebing menawan dipadu pohon pandan besar dan flora khas lainnya.

Baca Juga : Lowongan Kerja Pertamina 2021 Fresh Graduates, Buruan Daftar !!

9. Pantai Ngrenehan

Dan Daftar 9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi yang terakhir adalah Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau sekitar 60 km dari pusat kota Yogjakarta. Masih belum banyak orang yang tau keberadaan pantai ini, karena letaknya yang tersembunyi, melewati jalan kecil yang meliuk dan berombak, dan masih belum terdapat sarana transportasi yang menuju langsung ke lokasi Pantai Ngrenehan.

Selain menawarkan pemandangan yang cukup mempesona, di Pantai Ngrenehan, sobat traveler juga dapat menikmati aneka masakan berbahan dasar sea food. Sama dengan Tempat Pelelangan Ikan yang ada di Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta. Selain bisa membeli langsung hasil laut yang masih segar, sobat juga bisa meikmati hidangan hasil olahan laut yang tersedia di warung-warung sekitar pantai.

Icha Trans

Demikianlah artikel kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sobat traveler semua. Dan Ada kabar gembira nih. Icha Trans Travel Purbalingga Solo memperluas jaringan dengan membuka rute baru ke Ponorogo Jawa Timur. Jadi bagi sobat traveler yang ingin bepergian ke Ponorogo jangan lupa untuk menggunakan Jasa Icha Trans Travel Purbalingga Ponorogo untuk Liburan dan Perjalanan Yang Aman Nyaman dan Menyenangkan.Cukup Hubungi Icha Trans Travel Purbalingga pada Link Whatsapp Berikut ini Link Whatsapp

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - 9 Pantai Gunung Kidul Yang Wajib Disambangi

Check Also

Wisata Di Surabaya

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga – Setelah kemarin kita sudah memabahas tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *