Wisata Pantai Siung, Surga tersembunyi 98 km dari Jogja - Icha Trans
wisata pantai siung

Wisata Pantai Siung, Surga tersembunyi 98 km dari Jogja

Wisata Pantai Siung, Surga tersembunyi 98 km dari Jogja – Pantai Siung merupakan objek wisata pantai yang , Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berjarak kurang lebih sekitar 77 km dari kota Yogyakarta. Pantai Siung adalah pantai yang memiliki tekstur pasir putih yang dibatasi dengan jajaran dinding karang yang tinggi. Pantai ini terletak di wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus yang berjarak 98 kilometer atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Akses jalan menuju ke obyek wisata pantai Siung bisa dibulang sulit dan melelahkan. Namun rasa lelah tersebut akan dibayar lunas dengan suasana pantai indah dengan pasir putih dan birunya air laut. Sobat traveler juga akan menjumpai beberapa rumah-rumah kayu di pantai. Rumah atau pondok tersebut bisa sobat traveler gunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pantai Siung. Selain birunya air laut dan pasir putihnya, pantai Siung memiliki keistimewaan lain, yaitu jajaran batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai.

Baca Juga :

Obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul

Bisa dibilang Obyek Wisata Pantai Siung masih tergolong pantai yang sangat terpencil. Hal ini menyebabkan fasilitas yang tersedia masih sangat minim. Ketika sobat traveler mengunjungi obyek wisata pantai siung, sobat hanya akan menjumpai tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk sementara akomodasi hotel belum tersedia dikawasan wisata pantai siung. Tapi tenang saja, apabila sobat traveler ingin bermalam di Pantai Siung. Sobat warganet bisa menggunakan pondok pemanjat yang memiliki bentuk seperti rumah panggung. Pondok pemanjat ini bisa digunakan untuk bermalam dengan kapasitas kurang lebih sekitar 20 orang. Sobat traveler juga dapat membawa tenda sendiri dan mendirikannya di sisi tebing untuk menyaksikan jajaran bintang di tengah malam bersama dengan teman-teman.

Baca Juga  Tingkat Fatalitas Kasus Covid-19 Indonesia Masih Tinggi, Melebihi Rekomendasi WHO

Pantai siung pada jaman dahulu adalah salah satu satu pusat perdagangan di Gunung Kidul, tidak jauh dari pantai lebih tepatnya di wilayah Winangun. Selain itu, Pantai Siung juga memiliki pesona yang dikenal di Asia. Kabarnya pada sekitar tahun 1989, karang-karang di pantai Siung memiliki sejarah yang cukup membanggakan. Pada sekitar tahun 1989 terdapat komunitas pecinta alam dari Jepang memanfaatkan tebing-tebing karang Pantai Siung sebagai area panjat tebing. Pada tahun 90-an juga sempat berlangsung kompetisi Asian Climbing Gathering.

Baca Juga :

Saat ini, sobat traveler yang ingin memacu adrenalin juga dapat mencoba 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik bervariasi. Selain fasilitas jalur pemanjatan, di sini juga ada fasilitas lain yang mendukung kegiatan panjat tebing seperti ground camp dimana para pecinta alam yang sedang melakukan kegiatan pendakian dapat mendirikan tenda-tenda dengan menyalakan api unggun namun dengan syarat tidak menganggu habitat penyu ataupun merusak lingkungan.

Akses Menuju Obyek Wisata Pantai Siung

Untuk sobat traveler yang ingin menikati liburan di Obyek Wisata Pantai Siung paling mudah menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan sulitnya menemukan angkutan umum. Dengan menggunakan motor maupun mobil adalah alternatif terbaik untuk menuju pantai Siung. Pastikan kendaraan harus memiliki performa yang baik karena jalan menuju pantai Siung dikelilingi perbukitan kapur dan ladang palawija serta banyak di dominasi dengan tanjakan dan tikungan tajam. Kondisi jalan cukup baik, beraspal dan mulus juga harus tetap berhati-hati.
Jalur mudah menuju Pantai Siung adalah :

Baca Juga  Owabong Purbalingga, 5 Zona Bermain Air seru memacu Adrenalin

Jika sobat traveler datang dari arah Kota Yogyakarta, bisa menggunakan jalur Yogyakarta-Wonosari-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung. Jika sobat traveler berniat menggunakan transportasi umum. Sobat traveler dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari. Sampai di terminal Wonosari. Sobat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Tepus. Sesampai terminal Tepus, gunakan jasa ojek, karena hanya itu transportasi umum yang bisa digunakan sampai ke Pantai Siung.

Baca Juga : Cara menonaktifkan pemberitahuan mention di WhatsApp

Jangan lupa untuk menikmati perjalanan yang menyenangkan. Karena di sepanjang perjalanan, sobat traveler akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang sangat indah yang ditumbuhi dengan pohon jati. Dan perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar ketika sampai di Obyek Wisata Pantai Siung dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak yang siap memanjakan mata.

Icha Trans

Demikianlah artikel kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sobat traveler semua. Dan Ada kabar gembira nih. Icha Trans Travel Purbalingga Solo memperluas jaringan dengan membuka rute baru ke Jakarta. Jadi bagi sobat traveler yang ingin bepergian ke Ibukota jangan lupa untuk menggunakan Jasa Icha Trans Travel Purbalingga Jakarta untuk Liburan dan Perjalanan Yang Aman Nyaman dan Menyenangkan.Cukup Hubungi Icha Trans Travel Purbalingga pada Link Whatsapp Berikut ini Link Whatsapp

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Wisata Pantai Siung, Surga tersembunyi 98 km dari Jogja

Check Also

Wisata Di Surabaya

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga – Setelah kemarin kita sudah memabahas tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *