Taman Margasatwa Ragunan Jakarta - Icha Trans
Taman Margasatwa Ragunan Jakarta - Icha Trans - Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Taman Margasatwa Ragunan Jakarta – Taman Margasatwa atau Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu objek wisata yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Taman Margasatwa Ragunan Jakarta adalah Kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1864. Awalnya, Kebun Binatang ini memiliki nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang”.

Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Saat ini Taman Margasatwa Ragunan memiliki luas 147 hektar. Kebun Binatang yang menjadi identitas ibukota ini memiliki lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon. Hal ini membuat suasana lingkungan yang ada di sana menjadi terasa sejuk dan nyaman ditengah hiruk pikuk ibukota. Ketika sobat traveler berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan sobat traveler seakan memasuki hutan tropis mini. Di dalamnya lokasi Taman Margasatwa Ragunan terdapat keanekaragaman hayati yang memiliki nilai konservasi tinggi dan menyimpan harapan untuk masa depan Indonesia.

Baca Juga : Twibbon Hari Pendidikan Nasional,

Taman Margasatwa Ragunan adalah kebun binatang modern yang menampilkan suatu system ekologi lengkap. Kebun Binatang ini dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan yang akan mengawali langkah pelestarian kehidupan alam liar dan tentunya akan berguna bagi Pendikan Indonesia. Bisa dibilang, kebun binatang adalah “Kapal Nuh” kita dalam menghadapi bencana dan kerusakan alam yang akhir-akhir ini sering terjadi. Bila nanti sudah tidak ada lagi hutan di bumi ini, paling tidak masih ada contoh-contoh makhluk yang menakjubkan ini di kebun binatang, entah itu telah berwujud satwa ataupun masih berbentuk embrio, sel atau DNA.

Baca Juga  5 TEMPAT WISATA DI PURBALINGGA YANG LAGI HITS

Baca Juga : Twibbonize Hardiknas 2021,

Sejarah Singkat Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Seperti yang dijelaskan secara singkat diatas, Kebun Binatang Ragunan ini adalah kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1864 . Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia. 

Baca Juga : Twibbon Hari Buruh 2021

Pada tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektare yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966. Dan Pada Tahun 2015 BLUD Taman Margasatwa Ragunan berubah namanya menjadi Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan sesuai dengan Perda Nomor 12 Tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

Baca Juga : Twibbonize Hari Buruh 2021

Harga Tiket Taman Wisata Ragunan Jakarta

Fasilitas Keterangan Harga
Harga Tiket Dewasa
Anak-Anak
Rp. 4.000,-/orang
Rp. 3.000,-/orang
Tarif penitipan kendaraan / parkir Bus besar, truk besar, dan mobil box besar
Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil, dan pick up besar
Mobil sedan, minibus termasuk dalam bentuk pickup kecil
Sepeda motor, dan kendaraan roda tiga
Sepeda
Rp. 15.000,-/hari
Rp. 12.500,-/hari
Rp. 6.000,-/hari
Rp. 3.000,-/hari
Rp. 1.000,-/hari
Pemakaian fasilitas wahana / fauna Kuda tunggang
Onta tunggang
Taman satwa anak
Perahu Angsa
Kereta keliling
Sepeda tunggal
Sepeda ganda
Kuda bendi
Rp. 5.000,-/ keliling
Rp. 7.500,-/ keliling
Rp. 2.500,-/ keliling
Rp. 18.000,-/keliling
Rp. 10.000,-/keliling
Rp. 10.000,-/orang
Rp. 15.000,-/orang
Rp. 15.000,-/keliling

Baca Juga : Twibbon May Day 2021
THR PNS Cair Minggu ini? Bener gak nih?

Baca Juga  WISATA NEPAL VAN JAVA, TEMPAT TERBAIK UNTUK MEREFRESH PIKIRAN

Icha Trans

Demikianlah artikel kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sobat traveler semua. Jangan lupa untuk menggunakan Jasa Icha Trans Travel Purbalingga Solo untuk Liburan Yang Aman Nyaman dan Menyenangkan.Cukup Hubungi Icha Trans Travel Purbalingga pada Link Whatsapp Berikut ini Link Whatsapp

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Check Also

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang  – Deretan pantai yang ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *