Harus Tahu! New 7 Wonders Taman Nasional Pulau Komodo - Icha Trans

Ads

Harus Tahu! New 7 Wonders Taman Nasional Pulau Komodo

New 7 Wonders Taman Nasional Pulau Komodo – Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang letaknya berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Sampai saat ini Pulau Komodo dikenal bahkan sampai dengan dunia internasional sebagai habitat asli salah satu hewan purba asli Indonesia yaitu komodo. Pulau Komodo sendiri adalah kawasan  konservasi Taman Nasional Pulau Komodo. Taman Nasional ini dikelola oleh Pemerintah Pusat. Letak dari Pulau Komodo tepatnya berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Harus Tahu! New 7 Wonders Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo

Secara administratif, pulau ini berada dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo berada di wilayah ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Taman Nasional Pulau Komodo, hewan purba ini hidup dan berkembang biak dengan baik dan dilindungi sebagai satwa asli Indonesia. Populasi biawak komodo cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan pada 2019 jumlahnya tercatat mencapai 3.022 individu menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut siaran pers dari KLHK, jumlah total biawak komodo yang pada 2018 sebanyak 2.897 individu bertambah 125 menjadi 3.022 individu pada 2019. Populasi biawak komodo terkonsentrasi di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Jumlah komodo yang ada di Pulau Nusa Kode, Gili Motang, dan Pulau Padar berturut-turut hanya ada tujuh, 69, dan 91 individu.

Keindahan Taman Nasional Pulau Komodo

Selain keberadaan dari komodo, pulau ini juga menawarkan pesona alam yang juga menarik untuk dikunjungi. Beragam flora yang ada seperti pohon kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian. Atau pohon nitak (sterculia oblongata) ini di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong jika dimakan ada di Pulau yang terkenal oleh wisatawan Mancanegara

Baca Juga  WISATA AIR MAGELANG DEKAT CANDI BOROBUDUR

Tak cukup dengan keberagaman flora yang ada, Pulau Komodo juga sangat indah. Sobat dapat menelusuri pulau komodo, menyelami birunya laut, sembari melihat jejak kehidupan masa lalu yang terpelihara dengan baik dan menjadi bagian dari keindahan alam Indonesia yang harus kita lestarikan

Sebenarnya daya tarik Taman Nasional Komodo tidak hanya didominasi oleh adanya Komodo. Seperti yang dikutip dari situs resmi Kementerian Kehutanan yang mengelola situs Taman Nasional Komodo ini, panorama savana dan pemandangan bawah laut juga merupakan daya tarik pendukung yang memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Sobat traveler Icha Trans Travel Purbalingga Jogja yang ingin mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo dapat menikmati berbagai fasilitas wisata yang ada seperti memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking, dan camping. Mengunjungi Taman Nasional Komodo dan menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona dan pastinya memilki spot foto yang Instagramable.

Sejarah Taman Nasional Pulau Komodo

Berawal pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Hal ini bersumber dari cerita Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Satwa Komodo menjadi terkenal di dunia ilmu pengetahuan sejak tahun 1911 ketika Peter Ouwens, seorang kurator pada Museum Zoologi Bogor, menerima laporan tentang penemuan satwa ini dari Perwira Pemerintah Hindia Belanda J.K.H. Van Steyn, yang selanjutnya diberi nama Varanus komodensis Ouwens pada tahun 1912 pada tulisan Pieter Antonie Ouwens yang berjudul “On a Large Species from The Island of Komodo”. Dari penemuan ini muncul kesadaran dari berbagai pihak untuk menjaga kelestarian satwa ini, hal ini terlihat adanya beberapa peraturan yang memuat upaya perlindungan Satwa Komodo, yaitu:

  • SK. Sultan Bima tahun 1915 tentang Perlindungan Komodo (Verordening van het Sultanat van Bima).
  • SK Pemerintah Daerah Manggarai tahun 1926 tentang Perlindungan Komodo (Besluit van het Zelfbestuur van het Landschap Manggarai).
  • SK Residen Timor tahun 1927 tentang pengesahan SK Pemerintah Daerah Manggarai pada butir 2 di atas.
Baca Juga  Jangan Asal, Potongan Rambut Perlu Disesuaikan dengan Bentuk Wajah Loh

Dan Pada Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis “New Seven Wonders of Nature” yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com. Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders telah mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Komodo masuk kedalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak.

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Harus Tahu! New 7 Wonders Taman Nasional Pulau Komodo

Related Posts

​​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *