Menkes Targetkan 1,5 Juta Suntikan Vaksin Covid-19 per Hari pada Semester II 2021 - Icha Trans
menkes targetkan 15 juta suntikan vaksin covid 19 per hari pada semester ii 2021 - Icha Trans - Menkes Targetkan 1,5 Juta Suntikan Vaksin Covid-19 per Hari pada Semester II 2021

Menkes Targetkan 1,5 Juta Suntikan Vaksin Covid-19 per Hari pada Semester II 2021

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap program vaksinasi covid-19 secara massal yang sudah bergulir dapat berjalan dengan lancar. Ia mengatakan pada semester II 2021 yang dimulai pada Juli mendatang diharapkan dapat mencapai target 1,5 juta suntikan vaksin covid-19 per hari kepada masyarakat. Ini merupakan target program vaksinasi di Indonesia.

“(Sebanyak) 75 persen tersedia vaksin mulai bulan Juli. (Ada) 181,5 juta orang, 363 juta dosis (vaksin), dibagi 365 hari itu 1 juta sehari kalau vaksinnya rata tersedianya. Vaksinnya ini tersedianya di semester II yang banyak. Akibatnya, kepepet kita di semester II. Hitung-hitungan saya harus 1,5 juta suntik per hari,” ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Sabtu 14 Maret 2021, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:  

Ia meminta masyarakat Indonesia bersabar menunggu giliran vaksinasi covid-19, mengingat keterbatasan vaksin saat ini, sehingga hanya 24 persen populasi yang akan disuntik.

Di sisi lain, Menkes Budi menekankan pemberian vaksin bisa tepat pada sasaran kelompok prioritas yakni tenaga kesehatan dan masyarakat lanjut usia (lansia) yang rentan terkena virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

Dia berpesan kepada orang-orang yang sudah divaksin untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak karena masih berpotensi terkena covid-19 serta menularkannya kepada orang lain.

Menkes Budi mengingatkan bahwa kekebalan bisa optimal pada 28 hari setelah suntikan kedua. Tetapi, ini tidak berarti seseorang menjadi seperti manusia super yang kebal terhadap penyakit.

Baca juga: Menkes Budi Ungkap Tambahan 4 Kasus Baru Terinfeksi Virus Corona B117 

Dalam kesempatan sama, Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Bambang Brodjonegoro mengatakan pentingnya inovasi dalam pelayanan publik dan soliditas untuk menghadapi pandemi covid-19 yang sudah menjadi musuh bersama dalam satu tahun terakhir.

Baca Juga  Rencana 1 Day Trip Purbalingga Jogja

Inovasi ini salah satunya bisa berwujud kerja sama sektor privat dan publik dalam pelayanan vaksinasi. Kemudian, pemanfaatan sistem berbasis teknologi digital yang optimal.

Baca Selengkapnya di okezone.com

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Menkes Targetkan 1,5 Juta Suntikan Vaksin Covid-19 per Hari pada Semester II 2021

Check Also

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang  – Deretan pantai yang ada di …