Tidak Disangka, Deretan Makanan Ini Bisa Hilangkan Stres - Icha Trans
tidak disangka deretan makanan ini bisa hilangkan stres - Icha Trans - Tidak Disangka, Deretan Makanan Ini Bisa Hilangkan Stres

Tidak Disangka, Deretan Makanan Ini Bisa Hilangkan Stres

BANYAK orang mengalami stres. Ini akibat adanya tekanan dalam kehidupan, pekerjaan, atau hal lainnya. Jika dibiarkan, kondisi stres akan menurunkan kesehatan fisik serta pikiran. Tapi tenang saja, ternyata ada makanan yang bisa menghilangkan stres.

Sebelum mengonsumsi makanan sehat peredam stres tersebut, disarankan mengatasinya dengan tidak panik dan menenangkan diri. “Lalu juga menerima semua keadaan,” ungkap psikolog Analisa Widyaningrum dalam webinar beberapa waktu lalu.

Baca juga: Redakan Stres hingga Obat Mabuk, Manfaat Minum Teh Jahe saat Pagi Hari 

Selanjutnya bisa mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang membantu menurunkan stres serta memperbaiki mood. Sebagaimana dilansir laman Healthline, berikut makanan tersebut.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti makarel, herring, salmon dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh Anda menangani stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi Barat.

Vitamin D juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres. Tingkat rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko kecemasan dan depresi.

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

2. Bubuk matcha

Bubuk teh hijau atau matcha cukup populer di kalangan penggemar kesehatan, karena di dalamnya kaya akan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat pereda stres yang kuat.

Matcha adalah sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, karena terbuat dari daun teh hijau ditanam di tempat teduh. Proses ini meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine.

Studi pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

Baca Juga  Modest Fashion Weeks, Pembuktian Franka Soeria ke Dunia

Misalnya dalam studi selama 15 hari, 36 orang mengonsumsi kue yang mengandung 4,5 gram bubuk matcha setiap hari. Mereka mengalami penurunan aktivitas penanda stres alfa-amilase saliva secara signifikan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Baca juga: Para Ahli Sebut Asma Bisa Kambuh karena Stres dan Cemas 

3. Ubi jalar

Menginsumsi sumber karbohidrat kaya nutrisi utuh seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Meskipun kadar kortisol diatur dengan ketat, stres kronis dapat menyebabkan disfungsi kortisol yang nantinya dapat menyebabkan peradangan, nyeri, dan efek samping lainnya.

Ubi jalar merupakan makanan utuh, menjadi pilihan karbohidrat yang sangat baik. Mereka dikemas dengan nutrisi yang penting untuk respons stres, seperti vitamin C dan kalium.

Baca Selengkapnya di okezone.com

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Tidak Disangka, Deretan Makanan Ini Bisa Hilangkan Stres

Check Also

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang  – Deretan pantai yang ada di …