Modest Fashion Weeks, Pembuktian Franka Soeria ke Dunia - Icha Trans
modest fashion weeks pembuktian franka soeria ke dunia - Icha Trans - Modest Fashion Weeks, Pembuktian Franka Soeria ke Dunia

Modest Fashion Weeks, Pembuktian Franka Soeria ke Dunia

Franka Soeria tahu bahwa kata ‘modest fashion‘ bukan dia yang melontarkan pertama kali di dunia ini, tapi kata itu yang kemudian dia mega-kan. Dia sampaikan lebih luas ke seluruh penjuru dunia.

Modest Fashion, kata Franka Soeria, di sekitar 2015 belum banyak dicari pengguna internet di Google. Kebanyakan orang ketika mencari referensi busana Muslim adalah ‘Muslim Fashion’ atau ‘Hijab Fashion’.

Nah, karena otaknya gatal dengan hal baru akhirnya Franka coba meramu kata yang sudah ada itu menjadi lebih bermakna. Modest fashion yang identik dengan pakaian sopan, namun tidak terkukung pada satu agama.

Franka Soeria

“Aku dan tim formulasiin kata ‘modest fashion’ tersebut. Sampai akhirnya didapat bahwa modest fashion adalah style semua orang tanpa batasan agama. Hijab bagian dari modest, tapi modest enggak mesti hijab, tapi pastinya tertutup dan sopan,” kata Franka bercerita ke MNC Portal Indonesia, belum lama ini.

Perempuan yang melabeli dirinya sebagai ‘Behind The Scene Woman’ itu kemudian sangat total dalam membangun image ‘modest fashion’ tersebut sampai akhirnya dia menelurkan ‘Modest Fashion Week‘.

Usahanya tak pernah setengah-setengah. Saat 50 hari usia anaknya lahir ke bumi, Franka sudah harus pergi ke Italia untuk mengikuti event Milan Fashion Week. Bukan sekadar duduk di front row, tapi dia punya tugas sebagai orang Indonesia yang membawa desainer Indonesia yang berhasil mendapat beasiswa belajar fashion di Italia berkat kompetisi.

Franka Soeria

Tidak hanya itu, Franka juga berhasil mengatur pertemuan dengan Presiden Camera Nazionalle della Moda Italiana, asosiasi fashion yang merupakan penyelenggara pekan mode Milan Fashion Week kala itu. Sekali lagi, dia rela meninggal bayinya yang masih butuh kehangatan peluknya demi tanggung jawabnya pada tujuannya.

Baca Juga  Wajib Tahu, Bahan-Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Antibiotik Alami

Franka ingin apa yang dia bangun bisa menjadi sesuatu yang besar. Bukan untuk menunjukkan siapa dirinya tapi ingin keluarga dan dunia tahu bahwa apa yang dia kerjakan memberi dampak luar biasa.

Ya, bukan sekadar mengejar mimpi, tapi membangun ekosistem modest fashion bagi Franka adalah sebuah pembuktian pada keluarga dan dunia. Makna yang lebih mendalam dari sekadar tren mode yang sekarang sudah semakin menjamur di hampir seluruh dunia.

Franka lahir di keluarga yang sedikit rumit. Di buku ‘Random Thoughts of Franka’ dia menerangkan kalau neneknya adalah publik figur yang cukup berjaya di masanya, Titien Soemarni. Sedangkan kakeknya, sampai saat ini dia tak boleh sebutkan namanya.

Franka Soeria

Baca Juga : Kisah Desainer Franka Soeria, Menulis Buku untuk Healing

Baca Juga : Mantap, Desainer Modest Indonesia Tampil di Amsterdam Modest Fashion Week

Punya background keluarga seperti itu membuat Franka Soeria harus berjuang dari nol untuk menciptakan maha karya. Bukan anak yang terlahir dengan previllage.

Pikiran ini muncul di benak Franka saat dirinya tengah duduk di tepi pantai di Turki. Segala lamunannya mengarah ke ingatan masa lalu, mau akan seperti apa masa depan nanti?

Franka berkata, “Sampai akhirnya di titik aku sadar bahwa semua ini mengarah ke usaha aku membuat keluargaku bangga. Aku ingin dengan Modest Fashion Weeks, semua dunia tahu bahwa keluarganya yang di pandang sebelah mata itu mampu bersinar, bikin papah dan mamah bangga,” ujarnya agak berat.

“Maaf jadi berat gini obrolannya,” potong Franka usai mengatakan kalimat di atas. Ia sadar bahwa segala peluh, keringat, kesabaran, mental tahan banting, itu biar keluarganya punya harga diri. Membuktikan juga ke dunia bahwa orang yang berasal dari nol bisa dikenal dunia, tanpa previllage.

Baca Selengkapnya di okezone.com

Baca Juga  PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI PEGIAT WISATA

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Modest Fashion Weeks, Pembuktian Franka Soeria ke Dunia

Check Also

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang  – Deretan pantai yang ada di …