5 Minuman Alami Ini Ampuh Sembuhkan Kelebihan Cairan di Tubuh - Icha Trans
5 minuman alami ini ampuh sembuhkan kelebihan cairan di tubuh - Icha Trans - 5 Minuman Alami Ini Ampuh Sembuhkan Kelebihan Cairan di Tubuh

5 Minuman Alami Ini Ampuh Sembuhkan Kelebihan Cairan di Tubuh

KELEBIHAN cairan di tubuh jangan dianggap sepele. Jika dibiarkan, ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Gejala kelebihan cairan di tubuh misalnya sering merasa kembung dan mengalami pembengkakan pada tungkai serta pergelangan kaki.

Inilah yang disebut retensi cairan atau dalam istilah medis disebut edema. Retensi cairan adalah masalah kesehatan umum yang disebabkan penumpukan cairan yang berlebihan di jaringan tubuh.

Baca juga: Susu atau Jus Jeruk, Minuman Terbaik saat Sarapan? 

Sejumlah faktor bisa membuat kelebihan cairan di dalam tubuh. Di antaranya asupan natrium yang tinggi, sirkulasi yang buruk, berdiri atau duduk terlalu lama, kekurangan vitamin, stres, kehamilan, menstruasi, cuaca panas, paparan ketinggian, alergi, tekanan darah tinggi, masalah jantung, masalah ginjal, penyakit paru-paru kronis, penyakit hati, gangguan tiroid, obat-obatan tertentu, serta kontrasepsi oral.

Tapi tenang saja, ada lima minuman alami yang bisa bekerja sebagai diuretik dan membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Apa saja minuman itu? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Healthsite.

1. Jus lemon

Mengonsumsi jus lemon akan membuat Anda buang air kecil lebih sering dan mengurangi jumlah retensi cairan dalam tubuh. Lemon merupakan salah satu detoks yang kuat dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Campur dua sendok makan jus lemon dalam secangkir air hangat. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya. Minum larutan ini sekali sehari selama beberapa hari atau sampai Anda mendapatkan peningkatan.

Lemon. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Biji adas

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji adas bekerja sebagai diuretik dan membantu membuang kelebihan natrium dan air dari tubuh Anda. Hal ini juga sangat membantu mengurangi retensi air.

Biji adas juga dapat mencegah penumpukan racun dalam tubuh, membantu pencernaan, mengurangi gas dan membuat kulit berkeringat. Seduh satu sendok teh biji adas dalam secangkir air panas, kemudian saring. Anda harus meminum teh ini tiga kali sehari sampai Anda melihat peningkatan.

Baca Juga  Tingkat Fatalitas Kasus Covid-19 Indonesia Masih Tinggi, Melebihi Rekomendasi WHO

Baca juga: Wajib Tahu, 6 Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh 

3. Jus cranberry

Jus ini adalah salah satu pengobatan rumahan populer lainnya untuk mengobati kelebihan cairan. Selain sebagai diuretik alami, jus cranberry juga kaya akan mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium yang membantu menjaga keseimbangan cairan. Jadi, minumlah segelas jus cranberry tanpa pemanis setiap hari untuk mengurangi retensi air.

Baca Selengkapnya di okezone.com

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - 5 Minuman Alami Ini Ampuh Sembuhkan Kelebihan Cairan di Tubuh

Check Also

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul, Pantai Eksotis diantara 2 Karang  – Deretan pantai yang ada di …