Beautypedia, Mengenal Berbagai Bahan Dalam Sampo - Icha Trans

Ads

Beautypedia, Mengenal Berbagai Bahan Dalam Sampo

Sampo merupakan produk perawatan rambut untuk membersihkan rambut. Namun, apakah Anda mengetahui bagaimana cara sampo bekerja?

Melansir Thoughtco, sampo mengandung deterjen, seperti yang biasa Anda temukan di pencuci piring atau deterjen atau gel mandi. Deterjen bekerja sebagai surfaktan.

Mereka menurunkan tegangan permukaan air, membuatnya kecil kemungkinannya untuk menempel pada dirinya sendiri dan lebih mampu untuk mengikat dengan minyak dan partikel kotoran.

Bagian dari molekul deterjen bersifat hidrofobik. Bagian molekul hidrokarbon ini mengikat rambut yang melapisi sebum, serta produk penata rambut berminyak. Molekul deterjen juga memiliki bagian hidrofilik, jadi saat Anda membilas rambut, deterjen tersapu oleh air, membawa sebum bersamanya.

 pakai sampo

Nah, ternyata sampo juga mengandung berbagai bahan lain, apa saja?

1. Kondisioner

Deterjen menghilangkan sebum dari rambut Anda, membuat kutikula terbuka dan rentan terhadap kerusakan. Jika Anda menggunakan sabun atau deterjen pencuci piring pada rambut Anda, itu akan menjadi bersih. Sampo mengandung bahan yang menggantikan lapisan pelindung pada rambut.

Silikon menghilangkan kusut rambut, menghaluskan kutikula rambut dan menambah kilau. Alkohol berlemak membantu mencegah rambut statis dan lepas atau kusut. Sampo biasanya lebih asam daripada sabun, jadi mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat menurunkan pH produk. Jika pH sampo terlalu tinggi, ikatan sulfida dalam keratin dapat merusak, melemahkan, atau merusak rambut Anda.

2. Bahan pelindung

Banyak sampo mengandung bahan tambahan yang ditujukan untuk melindungi rambut. Bahan tambahan yang paling umum adalah tabir surya.

Bahan kimia lain melindungi dari kerusakan panas akibat pengering rambut atau alat bantu penataan rambut, kerusakan kimiawi dari kolam renang, atau penumpukan produk penataan rambut.

3. Bahan kosmetik

Sampo mengandung bahan estetika yang tidak mempengaruhi seberapa baik sampo membersihkan rambut Anda tetapi dapat membuat keramas lebih menyenangkan atau mempengaruhi warna atau aroma rambut Anda.

Baca Juga  5 OBYEK WISATA DI SEMARANG UNTUK LIBURAN SERU

Bahan tambahan ini termasuk bahan yang diberi mutiara, yang menambah kilau pada produk dan mungkin meninggalkan sedikit kilau pada rambut, parfum untuk mengharumkan sampo dan rambut, serta pewarna. Sebagian besar pewarna dapat dibersihkan dengan sampo, meskipun beberapa di antaranya memberi warna halus atau mencerahkan rambut.

 

4. Bahan fungsional

Beberapa bahan ditambahkan ke sampo agar tercampur merata, mengentalkannya sehingga lebih mudah diaplikasikan, mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, serta mengawetkannya untuk memperpanjang umur simpannya.

(DRM)

Baca Selengkapnya di okezone.com

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Beautypedia, Mengenal Berbagai Bahan Dalam Sampo

Related Posts