Manfaat Tidak Terduga Mengunyah Permen Karet, Bisa Tingkatkan Ingatan Lho - Icha Trans

Ads

Manfaat Tidak Terduga Mengunyah Permen Karet, Bisa Tingkatkan Ingatan Lho

MENGUNYAH permen karet ternyata bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Seperti diungkapkan dalam sebuah penelitian, mengunyah permen karet memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mulut, termasuk menghilangkan sisa makanan, menetralkan asam plak, membantu remineralisasi enamel gigi, bahkan membantu mengurangi kerusakan gigi.

Sebagaimana dilansir laman Ift.org, beberapa uji klinis menunjukkan manfaat mengunyah permen karet bebas gula bisa mencegah gigi berlubang.

Baca juga: Kunyah Permen Karet Bisa Hilangkan Double Chin, Kok Bisa? 

Lalu apa lagi manfaat tidak terduga dari mengunyah permen karet? Berikut penjelasannya, seperti dijelaskan laman The Healthy.

1. Meredakan sakit telinga

Saat terbang di pesawat, kuping sering sakit akibat adanya tekanan udara, namun ini bisa mengatasi ini dengan menguyah permen karet. Gerakan rahang dan produksi air liur yang dihasilkan dari mengunyah permen karet dapat menyamankan tekanan di telinga.

Ilustrasi mengunyah permen karet. (Foto: Freepik)

2. Mengurangi stres dan kecemasan

Daripada menggigit kuku dan menggoyangkan kaki saat gugup, lebih baik mengunyah permen karet. Dalam sebuah studi pada 2011, orang yang menguyah permen karet dua kali sehari selama 14 hari menilai kecemasannya berkurang karena suasana hati meningkat dan kelelahan berkurang.

Secara ilmiah, mengunyah permen karet secara signifikan dapat mengurangi hormon stres kortisol karena menguyah dapat menenangkan.

Baca juga: Begini Proses Permen Karet di Dalam Tubuh jika Tertelan 

3. Membantu buang air besar

Saat sembelit cobalah menguyah permen karet. Mengunyah permen karet terbukti dapat merangsang buang air besar dengan cara meningkatkan produksi cairan lambung tanpa harus mencerna makanan apa pun.

Menurut studi PubMed, mengunyah permen karet juga dapat mencegah masalah yang dialami banyak orang ketika mereka mulai makan atau minum setelah operasi.

Baca Selengkapnya di okezone.com

Baca Juga  WISATA KALIADEM YOGYAKARTA TUJUAN TERBAIK PARA PENCARI LIBURAN SENSASIONAL

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Manfaat Tidak Terduga Mengunyah Permen Karet, Bisa Tingkatkan Ingatan Lho

Related Posts