Doyan Makan Berlebihan, Terkena Binge Eating Disorder? - Icha Trans

Ads

Doyan Makan Berlebihan, Terkena Binge Eating Disorder?

Memiliki nafsu makan merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika nafsu makan terus-menerus datang, bahkan Anda tidak dapat menahan diri untuk mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari, bisa jadi itu adalah tanda akan suatu penyakit.

Jika Anda tidak dapat mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi, bisa jadi Anda terkena gangguan makan atau binge eating disorder. Ini adalah suatu gangguan di mana seseorang merasa rileks setelah makan berlebihan.

makan terus

Menurut ilmu kedokteran, ada tiga jenis gangguan makan yang berhubungan dengan pikiran, yaitu: Binging (makan lebih banyak dari yang dibutuhkan), Anorexia Nervosa (makan kurang dari jumlah makanan yang dibutuhkan), dan Bulimia (di satu hari makan lebih banyak, dan lebih sedikit di hari lainnya sebagai penyeimbang).

Apa yang menyebabkan binge eating disorder?

Meskipun tidak ada yang telah didokumentasikan oleh ilmu kedokteran hingga saat ini, namun diyakini bahwa hal itu umumnya terjadi karena gen. Orang yang memiliki kepekaan yang meningkat terhadap dopamin, kemungkinan besar mewarisi kelainan ini.

Selain itu, telah disebutkan bahwa hal itu terjadi karena perubahan struktur otak, di mana orang mengalami peningkatan respons terhadap makanan dan kurang pengendalian diri. Itu juga bisa terjadi karena trauma emosional seperti kematian, pelecehan, perpisahan, kecelakaan, atau bahkan intimidasi.

Telah ditemukan dalam sebuah penelitian bahwa gangguan ini juga terjadi pada mereka yang memiliki semacam gangguan psikologis, seperti fobia, depresi, gangguan bipolar, kecemasan atau penyalahgunaan zat.

Umumnya, binge eating disorder adalah makan berlebihan tanpa perhitungan. Biasanya, mereka akan mengonsumsi 3-4 kali lebih tinggi dari kalori yang dibutuhkan per hari. Bahkan, mereka bisa makan 2 kali dalam waktu kurang dari satu jam.

Baca Juga  PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI PEGIAT WISATA

Bagaimana solusi menangani binge eating disorder?

Para ahli menyebut ada beberapa trik sederhana, jika diterapkan dengan tekun bisa membantu mengontrol kebiasaan tersebut, diantaranya adalah:

1. Cobalah mengukur makanan sesuai selera Anda.

2. Jangan pernah mengganti hidangan utama dengan makanan ringan dan minuman.

3. Mulailah hari Anda dengan sarapan kaya protein.

4. Manjakan diri dengan makanan yang lebih sedikit dan sering yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

5. Sertakan latihan sederhana dalam rutinitas harian Anda seperti, jalan cepat, meditasi, jogging, atau yoga.

(DRM)

Baca Selengkapnya di okezone.com

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Doyan Makan Berlebihan, Terkena Binge Eating Disorder?

Related Posts