Obyek Wisata Dieng Wonosobo Gunungnya Pandawa 5 - Icha Trans
Obyek Wisata Dieng Wonosobo Gunungnya Pandawa 5

Obyek Wisata Dieng Wonosobo Gunungnya Pandawa 5

Obyek Wisata Dieng Wonosobo Gunungnya Pandawa 5 – Tak begitu mengherankan jika Dataran Tinggi yang berada di Wilayah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini disebut dengan Gunungnya Pandawa. Obyek Wisata Dieng tepatnya berada kurang lebih 30 km dari pusat kota Wonosobo. Meskipun begitu obyek wisata ini termasuk diwilayah perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dengan letaknya ini, obyek wisata dieng juga dikelola oleh 2 kabupaten secara bersama-sama.

Obyek Wisata Dieng Wonosobo

Ketika sobat traveler mengunjungi obyek wisata ini, Akan ada beragam destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan. Pada sekitaran Wisata Dataran Tinggi Dieng, sobat traveler akan menemukan beberapa candi kuno dengan corak Hindu. Candi tersebut memiliki arsitektur yang unik. Candi tersebut dinamakan dengan nama beberapa tokoh cerita Mahabrata. Candi yang ada di kompleks tersebut adalah Candi Bima, Candi Gatot kaca, Candi Arjuna dan Srikandi.

Baca Juga :

obyek wisata dieng

 

Selain candi peninggalan sejarah yang bisa sobat temukan, wisata dieng juga memiliki Fasilitas wisata bernama Dieng Plateau Theater. Fasilitas ini menyediakan beragam informasi keajadian alam yang terjadi di sekitar Dieng. Fasilitas ini juga dihiasi dengan taman yang asri dan nyaman untuk bersantai sembari menikmati  panorama alam  yang indah dari pegunungan sekitar dieng dan kesejukan khas pegunungan yang bisa membuat sobat rileks dan dapat melupakan sejenak penatnya rutinitas sehari-hari.

 

Nama ‘Dieng’ diambil dari bahasa Sansekerta yaitu  “Di”  yang memiliki arti tempat yang tinggi dan ”Hyang” yang berarti tempatnya para dewa. Sehingga dieng sendiri bisa diartikan sebagai kediaman para dewa dan dewi. Objek Wisata Dieng memiliki banyak obyek wisata yang bisa sobat traveler kunjungi. Selain menikmati panorama alam yang cukup indah, sobat traveler juga bisa mengunjungi beberapa Objek Wisata Alam Dieng, seperti:

  • Telaga Warna, yaitu telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung
  • Telaga Pengilon, yang letaknya bersebelahan persis dengan Telaga Warna, uniknya warna air di telaga ini bening seperti tidak tercampur belerang. Keunikan lain yang dapat sobat traveler temukan adalah batas antara Telaga Warna dengan Telaga Pengilon hanya berupa rerumputan yang terbentuk seperti rawa kecil.
  • Telaga Merdada, telaga ini adalah telaga terbesar di antara telaga lain yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Airnya yang tidak pernah surut dijadikan sebagai pengairan untuk ladang pertanian. Bahkan Telaga ini juga digunakan para pemancing untuk menyalurkan hobi atau juga wisatawan yang sekadar berkeliling dengan perahu kecil yang disewakan oleh penduduk setempat.
  • Jawaban Bacaan Bermain Di Lingkunganku Kelas 2
  • Evaluasi terkait Pembelajaran Dimasa Pandemi COVID-19
  • Siap Menghadapi Musim Hujan Kelas 4 Tema 1
  • Kawah Sikidang, Sileri, Sinila yaitu kawah yang pernah meletus dan mengeluarkan gas beracun pada tahun 1979 dengan korban 149 jiwa). Selain itu ada juga Kawah Candradimuka, yang dalam cerita pewayangan adalah tempat dimana Gatotkaca dilemparkan untuk mendapatkan kesaktian.
  • Kompleks candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7, antara lain: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati.
  • Gua Semar, Gua Jaran, Gua Sumur. Terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, sering digunakan sebagai tempat olah spiritual.
  • Dieng Volcanic Theater, teater untuk melihat film tentang kegunungapian di Dieng.
  • Museum Dieng Kailasa, menyimpan artefak dan memberikan informasi tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng (keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) serta warisan arkeologi dari Dieng. Memiliki teater untuk melihat film (saat ini tentang arkeologi Dieng), panggung terbuka di atas atap museum, serta restoran.
  • Mata air Sungai Serayu, sering disebut dengan Tuk Bima Lukar (Tuk = mata air).
  • Bukit Sikunir, adalah tempat yang biasa digunakan oleh para wisatawan yang berburu golden sunrise.
Baca Juga  TIKET MASUK ELING BENING ,AMBARAWA DI ATAS AWAN

Icha Trans

Demikianlah artikel kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sobat traveler semua. Dan Ada kabar gembira nih. Icha Trans Travel Purbalingga Solo memperluas jaringan dengan membuka rute baru ke Jakarta. Jadi bagi sobat traveler yang ingin bepergian ke Ibukota jangan lupa untuk menggunakan Jasa Icha Trans Travel Purbalingga Jakarta untuk Liburan dan Perjalanan Yang Aman Nyaman dan Menyenangkan.Cukup Hubungi Icha Trans Travel Purbalingga pada Link Whatsapp Berikut ini Link Whatsapp

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - Obyek Wisata Dieng Wonosobo Gunungnya Pandawa 5

Check Also

1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

1o Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi  – Jawa Timur adalah salah satu provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *