10 Wisata Curug di Purbalingga Kota Seribu Curug Yang Mempesona - Icha Trans

Ads

10 Wisata Curug di Purbalingga Kota Seribu Curug Yang Mempesona

Icha Trans –  Pemandangan memukau dan suasana alam yang tenang dan nyaman saat ini menjadi tujuan para wisatawan untuk menghabiskan liburan. Wisata Curug atau air terjun adalah salah satu obyek wisata yang menyediakan suasana alam yang menenangkan ini. Sehingga tak heran jika saat ini berwisata ke curug merupakan kegiatan yang banyak diburu oleh para traveler. Nah, kali ini Icha Trans akan mengulas 10 Wisata Curug di Purbalingga yang memang terkenal sebagai Kota Seribu Curug.

Julukan Seribu Curug memang didasarkan pada kenyataan yang ada di Purbalingga. Disini banyak sekali destinasi wisata berupa air terjun yang cantik dan alami yang bisa menjadi alternatif liburan untuk melupakan segala aktifitas atau rutinitas sejenak dengan kesejukan alami yang ditawarkan.  Di Purbalingga sendiri mulai banyak bermunculan wisata air terjun yang dikelola oleh masyarakat setempat. Air terjun atau curug  yang ada di purbalingga memang memiliki keunikan tersendiri. Kebanyakan curug yang ada memiliki karakter air yang jernih, debit besar dan hawanya yang sejuk karena beada di perbukitan dan berasal dari sumber mata air alami yang sangat menyegarkan.

Baca Juga : Kegiatan Seru di Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

Nah berikut ini adalah daftar Wisata Curug di Purbalingga yang akan membuat sobat traveler terpesona

10 Wisata Curug di Purbalingga

1. Curug Sumba

Curug Sumba adalah salah satu Wisata Curug di Purbalingga terbaik yang ada di Kabupaten Purbalingga. Curug ini memiliki air yang berwarna hijau tosca, jernih dan tentunya menyegarkan. Keindahan alam yang ada di sekitarnya menambah asri dan dapat menenangkan pikiran. Suasana alam yang menawan akan membuat takjub siapa saja yang datang. Maka tak jarang sesampainya di sini, pengunjung  akan segera menceburkan diri ke dalam kolam alami yang ada dibawahnya. Namun perlu hati-hati juga ya sob karena kedalamanya bisa mencapai 3 meter. Dan untuk dapat menikmati suasana air terjun yang sejuk dan menyegarkan, kalian hanya perlu membayar tiket parkir Rp 2000 dan tiket masuk Rp. 3000

Wisata Curug di Purbalingga Curug Sumba

Lokasi curug sumba berada di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Tempatnya juga ukup mudah dijangkau, sekitar 300 meter dari jalan raya Bobotsari-Karangreja. Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Sumba adalah pada saat musim kemarau, hal ini dikarenakan airnya akan kelihatan lebih cantik dengan warnanya yang biru. Jika Sobat traveler mengunjungi curug ini pada saat musim hujan datang, biasanya airnya akan bewarna kecoklatan dan debit airnya juga lumayan besar. Curug ini adalah tempat yang tepat untuk menenangkan pikiran dengan bersantai di tengah suasana alamnya. Kalian juga dapat mendapatkan beberapa spot yang bagus untuk berfoto ria.

Baca Juga  LIBURAN AKHIR TAHUN DI LEMBAH SINDORO POSONG TEMANGGUNG

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Purbalingga yang Lagi Hits

2. Curug Ciputut

Curug Ciputut juga termasuk salah satu Wisata Curug di Purbalingga yang cukup terkenal. Curug ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Ditambah dengan panorama alam di sekitar masih sangat asri dan alami. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun sobat traveler akan menuruni tangga besi vertikal. Debit air curug ini sangat deras, jernih dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan sumber airnya yang berasal dari pegunungan. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan air yang berasal dari curug ini untuk kebutuhan sehari hari.

Curug Ciputut Wisata Curug di Purbalingga

Lokasi Curug Ciputut berada di Desa Talagening, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Curug Ciputut adalah salah satu curug di Purbalingga yang belum dikelola, sehingga belum ada biaya tiket masuk. Walaupun begitu, tempat ini memiliki banyak spot yang dapat kalian jadikan tempat foto-foto yang instagramable.

3. Curug Nini

Curug Nini hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja. Namun, di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas dengan air yang sangat jernih. Jadi, sobat traveler dapat mandi dan berenang sepuas hati. Curug Nini sangat cocok para wisatawan yang suka kegiatan yang memacu adrenalin, Sobat dapat melatih mental dengan terjun dari atas air terjun ke bawah kolam.

Curug nini wisata curug di Purbalingga

Wisata Curug di Purbalingga satu ini memiliki daya tarik yang istimewa dan akses sudah baik dan tak lupa suasana alam yang masih terjaga menjadikan air terjun satu ini cukup banyak dikunjungi saat musim liburan tiba.  Curug Nini ini terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.  Akses ke Curug Nini ini juga sangat mudah sehingga air terjun ini termasuk salah satu air terjun di Purbalingga yang ramai dan sering kunjungi wisatawan.

Baca Juga : Ikan Raksasa Purbasari Pancuran Mas

4. Curug Penisihan

Wisata Curug di Purbalingga yang memiliki panorama elok berikutnya adalah Curug Penisihan. Air terjun ini juga memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter.  Dibawah air terjunnya membentuk kolam dengan luas sekitar 25 meter. Namun, kolam yang ada di bawah Curug Penisihan cukup dalam, sehingga sobat traveler harus berhati-hati saat mandi di kolam yang ada di Wisata Curug di Purbalingga ini. Sobat traveler dapat melihat kedalaman air dari warna airnya yang berwarna biru kehijauan.

Curug Penisihan Wisata Curug di Purbalingga

Curug Penisihan Purbalingga terletak di Desa Palumbungan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga kurang lebih 14 kilometer dari pusat kota. Air Curug Penisihan sendiri berasal dari aliran Sungai Klawing, yang merupakan sungai terbesar di wilayah Kabupaten Purbalingga.

5. Curug Silintang

Curug Tungtung Gunung atau Curug Silintang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Curug ini memiliki dua tingkatan yang sangat indah dengan derasnya air yang turun. Sobat traveler dapat mandi pada dua tingkatan yang ada disini. Tempat ini memang sangat cocok untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Ada mitos setempat yang menyebutkan bahwa curug silintang adalah tempat turunnya bidadari dari langit untuk mandi. Hal ini dikaitkan dengan adanya pelangi yang sering muncul dan mengarah ke curug silintang.

Baca Juga  BERAPA SIH HARGA TIKET NIGHT PARADISE MALANG? YUK KEPOIN
Curug Silintang Wisata Curug di Purbalingga

Untuk mencapai Curug silintang diperlukan waktu setengah jam berjalan kaki dari dusun cumbut atau bisa juga ditempuh lewat Goalawa di Desa Siwarak dengan melewati hamparan kebun nanas sekitar 1 jam perjalanan. Selama perjalanan kalian akan melewati ladang dan persawahan nan hijau. Segarnya udara pegunungan dan indahnya pemandangan akan mengusir rasa lelah selama perjalanan. Akses jalan yang sangat mudah,terutama bagi pengendara sepeda motor bisa langsung sampai d lokasi tujuan.

Baca Juga : Owabong Purbalingga, Seru Bermain Air yang Memacu Adrenalin

6. Curug Aul

Curug Aul adalah salah satu curug di Purbalingga yang saat ini memang sedang ngehits di kalangan anak muda. Curug ini dinamakan Curug Aul dikarenakan warga setempat kabarna sering melihat keberadaan Aul di Curug ini. Aul sendiri adalah mahluk jadi-jadian bertubuh manusia berkepala anjing yang sering mengeluarkan suara seperti suara anjing pada tengah malam hari. Tidak usah takut sob, hal tersebut cuma mitos atau cerita warga setempat .

Curug Aul

Kolam yang ada di bawah air terjun tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang. Sobat traveler juga dapat mengambil foto di bawah air di kolam Curug Aul yang airnya cukup jernih.  Curug Aul Desa berada di areal tanah milik Perum Perhutani. berada di Desa Wisata Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

7. Curug Nagasari

Curug Nagasari ini memiliki ketinggian lebih dari 75 meter, dengan latar belakang berupa batu-batu berwarna hitam berkilau yang cantik dan mempesona. Ketika musim penghujan datang debit airnya sanagt deras dan menawan. Namun, untuk bisa melihatnya  harus melewati Jalan setapak, menuruni tepian sawah serta tebing-tebing sudah ditata dengan menggunakan batu kali. Jadi untuk menuju ke lokasi ini kalian harus hati-hati ya sob.

Curug Nagasari

Sobat traveler dapat menikmati sejuknya air terjun atau mandi di kolam yang ada bawah air terjun.  Curug Nagasari sendiri terletak di bawah Curug Aul yang berada di desa tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

Baca Juga : Sanggaluri Park Purbalingga Wisata Edukasi Keluarga

8. Curug Tempuran

Wisata Curug di Purbalingga selanjutnya adalah Curug Tempuran. Curug yang satu Ini memiliki air yang jernih dan pemandangan yang Indah. Sobat traveler dapat berenang di tepian namun, jangan terlalu dekat dengan air terjun karena cukup dalam. Suasana alam yang ada di sekitar curug ini masih sangat asri dan masih terjaga kualitas airnya.  

curug tempuran

Masyarakat sekitar memberikan nama Curug Tempuran karena air di curug ini berasal dari pertemuan antara aliran dua kali (sungai), yaitu Kali Lutung dan Kali Lembarang.  Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Purbalingga. Curug ini masih sepi pengunjung, hal ini dikarenakan tempatnya yang belum begitu populer berada di perkampungan penduduk.

Baca Juga  5 TIPS PIKNIK SAAT PANDEMI BERSAMA KELUARGA

9. Curug Singogah

Curug Singongah merupakan salah satu  Wisata Curug di Purbalingga yang belum begitu populer. Namun jangan salah, pesona yang dimiliki curug ini sangatlah mempesona. Suasananya nyaman hening serta jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Ditambah dengan pemandangan alam yang masih terjaga. Curug ini terdiri atas tiga air terjun yang berada di tengah, kiri dan kanan kali. Curug Singongah merupakan bagian dari Sungai Lembarang yang dikelilingi tebing serta tanaman liar.

Curug Singongah

Di saat kemarau debit air yang ada di Curug Singongah ini sangat kecil. Namun sebaliknya, pada saat musim hujan debit airnya cukup besar. Sehingga tidak direkomendasikan mengunjungi curug ini pada saat musim penghujan. Lokasi tepatnya berada di Desa Cipaku Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.

Baca Juga : Amazing Sunset 3 Bukit di Bukit Mertelu Purbalingga

10. Curug Kali Karang

Curug Kali Karang ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki tiga tingkatan air terjun. Air terjun yang paling tinggi adalah air terjun di tingkatan yang ketiga. Masyarakat sekitar menamakan Curug Kali Karang dikarenakan bebatuan yang terdapat di sekitar air terjun ini berwarna hitam serta tajam dan menyerupai batu karang. Pemandangannya masih alami dan suasananya sangat menyegarkan sangat cocok untuk bermain dan melepaskan penat yang ada.

Curug Kali Karang

Wisatawan yang datang berkunjung ke curug ini biasanya bermain air pada curug tingkatan yang pertama yang memiliki ketinggian beberapa meter saja. Selain itu, banyak juga anak-anak yang bermain di kolam di bawah air terjun tingkatan kedua.  Air di curug ini sangat jernih dan sejuk. Sobat traveler dapat mengunjungi dengan mudah lokasinya karena akses yang mudah, cukup jalan sekitar 100 meter saja dari area parkir kendaraan.  Lokasi teoatnya berada di Desa Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga

Nah itulah 10 Wisata Curug di Purbalingga Kota Seribu Curug Yang Mempesona yang dapat sobat traveler semua dapat jadikan referensi liburan untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.   

Bagi sobat traveler yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini, jangan khawatir, Icha Trans Travel Purbalingga Solo siap untuk menemani perjalanan yang aman nyaman da menyenangkan. Pastinya perjalanan liburan sobat traveler tidak akan pernah mudah untuk dilupakan. Untuk itu, cukup hubungi agen travel purbalingga terdekat, Icha Trans Travel baik melalui kontak Whatsapp yang ada pada link dibawah maupun menghubungi Icha Trans melalui media sosial lainnya yang Icha Trans miliki. Kami tunggu untuk bersama-sama melakukan perjaanan yang akan selalu berkesan. Semoga bermanfaat!

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - 10 Wisata Curug di Purbalingga Kota Seribu Curug Yang Mempesona

Related Posts

​​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *