SITU TIRTA MARTA PURBALINGGA, PEMANDIAN ALAMI 7 MATA AIR - Icha Trans
Situ Tirta Marta Purbalingga
Situ Tirta Marta Purbalingga

SITU TIRTA MARTA PURBALINGGA, PEMANDIAN ALAMI 7 MATA AIR

Icha Trans  – Sobat Traveler lelah dari rutnitas Harian yang membuat Stress? Nah, Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini bisa nih jadi pilhan tepat untuk melepaskan penat. Pemandian Alami Situ Tirta Marta Purbalingga adalah telaga alami yang bakal membuat sobat traveler happy dan kembali fresh.  Situ tirta marta memiliki air yang sangat bening dan segar.

Tirta marta yang berarti air kehidupan adalah salah satu telaga alami yang dulunya sering digunakan mandi wanita yang tinggal di sekitarnya. Pepohonan yang ada disekitranya membuat telaga ini semakin asri. Air yang berada di telaga ini berasal dari 7 sumber mata air atau dalam bahasa jawa disebut tuk pitu. Hal inilah yang menyebabkan air kolam pada Situ Tirta Marta tidak pernah kering walaupun berada dimusim kemarau.

Baca Juga : Golaga Goa Lawa Purbalingga Alam di Lereng Gunung Slamet

Kegiatan Wisata Situ Tirta Marta Purbalingga

Situ tirta marta Purbalingga biasa digunakan oleh wisatawan untuk mandi dan berendam dan bermain air sepuasnya sambil merasakan kesegaran air khas pegunungan. Tempat wisata satu ini benar benar harus sobat traveler kunjungi pada saat menghabiskan waktu liburan di Purbalingga. Tempat ini menawarkan pesona keindahan yang tidak ada duanya. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sini diantaranya adalah

1# Mandi di sumber air alami

Mandi di sumber air alami Situ Tirta Marta Purbalingga

Jika berkunjung ke tempat wiasata ini , sobat langsung dapat mencoba kesegaran mandi di telaga. Berendam dan bermain air ditengah suasana alam pegunungan yang khas akan membuat pikiran menjadi segar juga. Jernihnya mata air alami, ikan yang berenang dan hijaunya dedaunan menambah keseruan bermain disini.

Baca Juga  Selain Virus B117, Ini Deretan Varian Baru Covid-19

2# Air yang bening hingga dasar menjadi Spot Foto yang Instagramable

Objek Wisata Pemandian Situ Tirta Marta yang berlokasi di kutasari Kabupaten Purbalingga merupakan objek wisata air yang berupa telaga dengan air yang sangat jernih karena bersumber langsung dari mata air alami di bawah lereng gunung slamet. Karena kejernihan airnya banyak wisatawan yang menjadikan telaga situ tirta marta sebagai tempat berfoto bawah air atau underwater. Dan didalam telaga juga sudah disediakan fasilitas berfoto seperti sepeda motor, televisi, tenda dan juga bisa bermain playstation di dalam air.

Sobat traveler juga tidak perlu khawatir kamera atau hpnya basah karena terkena air ketika mengambil gambar. Pengelola menyediakan paket foto yang dapat sobat sewa. Sobat bisa bebas bergaya pada properti spot foto underwater yang sudah disediakan pengelola situ tirta marta. Ada spot foto tenda doom, TV plus stick playstation, gitar dan motor.

Air yang bening hingga dasar menjadi Spot Foto yang Instagramable situ tirta marta purbalingga

Sobat dapat bebas mengabadikan setiap gaya seperti sedang bermain playstation dibawah air, nonton tv dari dalam tenda ataupun bergaya sedang naik motor didalam air. Dan tak usah bingung untuk bergaya bak model karena fotografer akan mengarahkan setiap gaya demi mendapatkan hasil foto yang bagus. Namun untuk satu kali sesi foto dengan durasi 1 jam pengunjung akan mendapatkan 50 salinan foto untuk dibawa pulang. Harga yang tergolong murah untuk hasil foto yang maksimal.

Baca Juga : 10 Spot Instagramable Desa wisata Panusupan Purbalingga

3# Snorkeling sepuasnya di salah satu kolam renang.

Tak jauh dari sumber mata air terdapat akar-akar kokoh pohon beringin. Tak heran jika air di telaga situ tirta marta sangat bening, karena akar pohon beringin diyakini bisa menjaga sumber air tetap jernih. Beberapa bebatuan besar juga terlihat jelas, menambah kealamian telaga situ tirta marta kutasari. Oleh karena itu, disini juga menyediakan spot snorkeling yang bisa sobat traveler coba.

wahana tubing

4# Wahana Tubing

Paket wisata lainnya adalah tubing dengan menggunakan ban dalam bekas mobil atau donat boot. Untuk tubing bisa dilakukan diluar paket atau perseorangan. Pengunjung hanya menyewa ban dalam seharga lima ribu rupiah. Tubing bisa dilakukan hanya dengan mengapung-apung di kolam telaga maupun di aliran sungai kecil dengan mengikuti arus yang tidak terlalu deras. Untuk lebih merasakan sensasi tubing tentunya dengan mengikuti aliran arus sungai hingga ± 100 meteran. Selain itu, sobat traveler juga dapat mencoba wahana oubond, flying fox dan wahana lainnya yang ada.

Baca Juga  4 Kegiatan Seru di Kutabawa Rainbow Garden Purbalingga

Baca Juga : Kampung Kurcaci Purbalingga, Coba 6 Wahana Terbaiknya!

5# Bermain air dengan Anak-anak

Situ Tirta Marta merupakan telaga yang memiliki air sangat jernih dan berasal dari sumber mata air alami. Memiliki kolam yang kedalamannya ± 1,5 meter, sehingga bisa digunakan orang dewasa maupun anak-anak. Namun untuk anak-anak butuh pengawasan khusus karena tinggi badan anak biasanya belum sampai 1,5 meter. Objek wisata ini juga menyediakan ban berukuran kecil hingga besar untuk pengunjung yang tidak bisa berenang Sebenarnya Di Situ Tirta Marta terdapat tiga kolam, namun yang rutin dan selalu ramai digunakan baru satu kolam. Anak-anak pastinya akan sangat senang untuk bermain air bersama dengan keluarga. Apalagi di tengah suasana alam pedesaan yang menyegarkan yang akan membuat sensasi berbeda.

mendoan situ tirta marta

6# Bersantai menikmati Suasana Alam

Destinasi wisata situ tirta marta masih sangat alami. Pepohonan besar yang rimbun dan area persawahan di seberang sungai kecil terlihat jelas jika pengunjung berada diatas telaga sambil duduk santai menikmati kopi ataupun jajanan yang tersedia di warung-warung kecil yang ada dibawah pohon besar. Terdapat aneka minuman hangat dan jajanan khas Purbalingga “mendoan”, sangat cocok dinikmati setelah berendam dan bermain air didalam pemandian. Dari atas juga pengunjung bisa melihat bebatuan di dasar kolam yang airnya jernih.

Harga Tiket dan  Jam Operasional Situ Tirta Marta Purbalingga

Pada awalnya, telaga Situ Tirta Marta ini membebaskan biaya masuk, kamu hanya perlu membayar parkir. Namun, belakangan pengelola telah menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp5000,00 per orang. Sedangkan harga untuk fasilitas Foto underwater Rp. 150.000  (property motor+TV+pelampung+soft file ), foto natural Rp. 100.000 (Soft file/Foto/video) Lokasi wisata air ini buka setiap hari pukul 08.00 – 16.30 wib.

Baca Juga  5 SPOT FOTO YANG HITS DI JOGJAKARTA – YUK KEPOIN

Fasilitas Situ Tirta Marta

Saat ini banyak terdapat puluhan warung kecil yang menyediakan kopi atau teh hangat dan makanan khas Purbalingga seperti mendoan yang tersedia lengkap dengan lontong kupatnya. Fasilitas yang ada di lokasi wisata ini juag tergolong cukup lengkap. Wisata Pemandian Situ Tirta Marta Purbalingga memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat
  • Penyewaan Kamera
  • Fotografer Underwater
  • Fasilitas berfoto underwater

Lokasi Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta terletak di Dusun 1 Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah. Dekat dengan wisata sanggaluri, wisata purbasari pancuran mas dan juga owabong purbalingga. Dari pusat kota Purbalingga sekitar 8 Km. Dapat ditempuh sekitar 20 menit perjalanan dengan berkendara sepeda motor maupun mobil. Sobat traveler dapat menemukan lokasi ini di Google maps dengan mudah.

Wisata Pemandian Situ Tirta Marta Purbalingga Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan seperti adalah sabun, tissue basah, obat-obatan antiseptik. Bagi sobat traveler yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini, jangan khawatir, Icha Trans Travel Purbalingga Solo siap untuk menemani perjalanan yang aman nyaman da menyenangkan. Pastinya perjalanan liburan sobat traveler tidak akan pernah mudah untuk dilupakan. Untuk itu, cukup hubungi agen travel purbalingga terdekat, Icha Trans Travel baik melalui kontak Whatsapp yang ada pada link dibawah maupun menghubungi Icha Trans melalui media sosial lainnya yang Icha Trans miliki. Kami tunggu untuk bersama-sama melakukan perjaanan yang akan selalu berkesan. Semoga bermanfaat!

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - SITU TIRTA MARTA PURBALINGGA, PEMANDIAN ALAMI 7 MATA AIR

Check Also

Wisata Di Surabaya

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga – Setelah kemarin kita sudah memabahas tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *