HARGA TIKET MASUK BOROBUDUR , WAHANA DAN FASILITAS - Icha Trans
Harga tiket masuk Borobudur
Harga tiket masuk Borobudur

HARGA TIKET MASUK BOROBUDUR , WAHANA DAN FASILITAS

Icha Trans – Gambaran Candi Borobudur yang megah pastinya akan terbesit di pikiran sobat traveler ketika berbicara mengenai candi. Wajar saja, budaya Indonesia yang beragam serta sejarah yang ada sebelum negara Indonesia terbentuk memang selalu menarik untuk dibicarakan. Indonesia memiliki ribuan candi yang siap untuk dikunjungi pada saat liburan. Dan salah satu candi yang biasanya menjadi tujuan utama para wisatawan adalah Obyek Wisata Candi Borobudur. Kali ini Icha Trans akan membahas mengenai sejarah candi Borobudur, Harga tiket masuk Borobudur, Wahana sampai dengan fasilitas yang sobat dapatkan ketika liburan di Obyek Wisata Candi Borobudur.Berbagai macam wahana yang dapat ditemukan di Obyek Wisata Candi Borobudur membuatnya begitu dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun wisatwan Mancanegara.

Hal ini tentunya berkaitan erat dengan sejarah candi Borobudur yang membuatnya amat dikenal di dunia. Maka tak heran jika UNESCO memasukan Candi Borobudur dalam salah satu situs warisan dunia karena kemegahan, arsitektur dan sejarahnya. Nah sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai obyek wisata Candi Borobudur, kita akan mengulas sedikit tentang sejarah candi Borobudur yang ada Magelang ini.

Mengenal sejarah candi Borobudur

Candi Borobudur ini memiliki stupa utama menjadi mahkota di bagian tengah Candi. Selai stupa utama tersebut, sobat juga dapat menjumpai 72 stupa berlubang lainya mengitari Candi Budha terbesar ini. Di dalam Stupa tersebut, sobat dapat melihat arca Budha dengan posisi duduk bersila sempurna dan sikap tangan memutar roda dharma atau disebut Dharmachakra mudra.

Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada sekitar tahun 750 Masehi. Candi Borobudur dibangun oleh raja Samaratungga. dari Dinasti Syailendra pada masa kejayaan Wangsa Syailendra. Wangsa Syailendra sendiri adalah salah satu dinasti besar dan berkuasa yang pernah ada di Nusantara. Berdasarkan Prasasti Canggal, Candi Borobudur dibangun pada waktu hampir bersamaan dengan pembangunan Candi Prambanan.

Harga tiket masuk Borobudur - sejarah candi borobudur

Candi Borobudur memiliki 3 zona yang berupa Undak-undakan. Zona pertama merupakan zona yang menggambarkan hawa nafsu  yaitu zona Kamadhatu. Zona kedua adalah zona yang menggambarkan alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia zona ini disebut Rupadhatu dan zona terakhir adalah zona Arupadhatu yang menggambarkan alam tertinggi, rumah Tuhan.

Pada hari Raya Waisak, para peziarah biasanya melewati serangkaian tangga dan lorong. Candi Borobudur banyak didatangi oleh umat Buddha di seluruh Indonesia bahkan para umat Budha mancanegara untuk berziarah keagamaan memperingati hari raya Trisuci Waisak.

Baca Juga  Harga Cabai Ratusan Ribu, Sisca Soewitomo Beri Tips agar Masakan Tetap Pedas

Wisata Candi Borobudur

Borobudur ini memiliki banyak keindahan yang sangat populer dikalangan fotografi dunia baik mancanegara maupun wisatawan lokal. Keindahan yang dimiliki candi ini dapat dilihat dari banyaknya hiasan panel relief dengan jumlah 1.460, dengan panjang 2 meter pada setiap panel. Tidak hanya memamerkan keindahannya saja, akan tetapi relief ini juga menyimpan makna tersendiri yang sangat mendalam.

Keindahan lain yang ada pada candi ini yaitu susunan yang sangat megah dan tidak akan tertandingi oleh bangunan mana pun. Pahatan relief pada candi ini pun juga memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Disana Sobat Traveler dapat berfoto selfie dengan bangunan megah yang dimiliki Borobudur ini. Selain tampilan bangunan megah dan indah, keindahan pemandangan bukit-bukit yang ada di sekitar candi sangat mempesona.

Selain pemandangan dan bangunan yang ada di Obyek Wisata Candi Borobudur berikut adalah kegiatan yang dapat Sobat Traveler lakukan saat berada di Candi Borobudur.

1# Berkeliling dan Mengenal Sejarah dan Seni dari Peninggalan Sejarah Candi Borobudur

Ketika sobat memasuki kawasan Candi Borobudur setelah membayar tiket, sobat dapat langsung merasakan atmosfer yang menentramkan hati karena suasananya yang sejuk karena terdapat banyak pohon yang rindang dan hijau di taman sekitar candi. Disini sobat dapat memilih untuk berjalan kaki menikmati perjalanan atau dengan menaiki kereta wisata untuk dapat sampai di wilayah pelataran candi.

Berkeliling dan Mengenal Sejarah dan Seni dari Peninggalan Sejarah Candi Borobudur

Ketika sampai di pelataran candi, sobat akan menaiki tangga menuju candi Borobudur. Dan sobat dapat langsung mengagumi kemegahan yang ditampilkan. Lantas Apa gambaran candi Borobudur yang terlintas dipikiran sobat traveler? Besar? Megah? Ya, candi borobudur hari ini masih menjadi salah satu candi Budha yang terbesar yang ada di dunia.  Candi Borobudur yang memiliki bentuk bujur sangkar memiliki 16 buah teras dan 3 pelataran yang melingkar. Pada bagian dinding candi Borobudur juga terdapat relief dengan jumlah yang fantastis, Obyek wisata Candi Borobudur memiliki 2.672 buah relief dan 504 Arca Buddha. Hal ini membuat Candi Borobudur menjadi candi dengan relief Budha yang terbanyak di dunia. Akan ada banyak hal yang dapat sobat traveler pelajari dari Candi Borobudur, jadi akan lebih baik untuk menyewa pemandu wisata yang ada di Lokasi Wisata Candi Borobudur yang dapat menjelaskan sejarah yang ada di sana.

2# Menyaksikan Pesona Matahari Terbit Candi Borobudur

Cara lain untuk menikmati pesona yang ditawarkan candi Borobudur adalah dengan menunggu sunrise di pagi hari. Sobat akan menyaksikan pemandangan cahaya mentari pagi yang luar biasa indahnya diantara patung Buddha dan stupa dari atas Candi Borobudur. Cahaya matahari pagi akan membentuk siluet stupa dan patung-patung Buddha yang berpadu apik dengan background Gunung Merapi dan Merbabu yang ada di wilayah kabupaten Magelang.

Baca Juga  Agen Travel Purwokerto Terbaik, Icha Trans Travel

Namun, untuk dapat menikmati pemandangan sempurna dari Candi Borobudur sobat harus membeli tiket khusus yang dapatkan dari Hotel Manohara, yang letaknya ada di sekitar kompleks Candi Borobudur. Dengan membeli tiket ini, pengunjung akan mendapat akses langsung ke candi terbesar di Indonesia ini. Harga tiket masuk Borobudur Khusus ini bisa sobat traveler dapatkan 250 ribu untuk wisatawan domestik. 

Harga tiket masuk Borobudur -Menyaksikan Pesona Matahari Terbit Candi Borobudur

Dengan tiket khusus ini, sobat dapat mengunjungi Lokasi Wisata Candi Borobudur mulai pukul 04.30 WIB untuk menikmati sunrise, dan pukul 18.30 WIB untuk menikmati sunset. Tapi jika sobat traveler ingin menikmati matahari pag di Candi Borobudur tanpa membayar tiket khusu ini, sobat dapat datang tepat pukul 06.00 untuk menikmati sunrise atau menunggu hingga waktu operasional Candi Borobudur berakhir di sore hari. Cara lain untuk menikmati sunset atau sunrise dengan pemandangan yang tidak jauh berbedda sobat dapat mencoba keseruan Sunrise di Punthuk Setumbu Magelang yang lokasinya tidak jauh dari Lokasi Wisata Candi Borobudur

3# Mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Samudra Raksa

Tak hanya lokasi Candi Borobudur yang merupakan Warisan Budaya Dunia UNESCO semenjak tahun 1991. Di Candi Borobudur sobat traveler juga dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Samudra Raksa yang juga memiliki banyak informasi sejarah yang dapat sobat ketahui. Museum Karmawibangga adalah Museum arkeologi ini memiliki koleksi yang menjadi sumber informasi sejarah Borobudur. Disana terdapat sekitar 4.000 batu candi yang disimpan di ruang terbuka. Disana sobat dapat menemukan berbagai bagian relief candi, hiasan berukir, dan struktur bangunan candi. Ada juga berbagai koleksi arca yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur. dan yang paling menarik adalah Arca  ‘Buddha Tak Rampung’. yaitu patung Buddha yang bagian tangannya tidak terukir sempurna dan  tampak belum selesai pengerjaannya.

Mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Samudra Raksa Harga tiket masuk Borobudur

Museum Kapal Samudra Raksa adalah museum yang bertema sejarah kemaritiman Nusantara juga terletak di komplek area Taman Wisata Candi Borobudur. Dalam museum ini sobat dapat melihat Kapal Samudra Raksa, koleksi benda-benda bersejarah dan video dokumentasi ekspedisi Samudra Raksa. Sobat juga dapat mencoba wahana Sinema Interaktif Petualangan Raka yang menggunakan teknologi digital berupa animasi tiga dimensi yang diputar pada layar LED dan sangat cocok untuk bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Kapal Samudra Raksa sendiri adalah replika kapal yang terdapat pada salah satu relief Candi Borobudur yaitu relief Jataka-Avadana panil 86 dengan gambar kapal yang telah dilengkapi dengan layar dan cadik sebagai penyeimbang kapal sekaligus penahan ombak. Nama “Samudra Raksa” yang berarti Penjaga Lautan ini diberikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003. Kapal Samudra Raksa ini juga telah melakukan ekspedisi (napak tilas) rute perdagangan kayu manis dari Ancol kota Jakarta menuju Pelabuhan Tema, Accra, Ghana, Afrika Barat dalam waktu kurang lebih 6 bulan. Kapal Samudra Raksa melakukan ekspedisi melalui  rute perdagangan rempah pada abad ke-8 dengan nama Jalur Kayu Manis.

Baca Juga  OPEN TRIP DIENG, 10 WISATA EPIC

Sementara itu, wahana Interaktif digital yang dapat sobat coba mengemas sejarah kemaritiman Indonesia dalam bentuk sinema interaktif berupa teknologi digital dengan lantai dan layar LED sepanjang 115 meter. Dalam sinema ini terdapat karakter fiktif bernama Raka yang akan mengajak sobat traveler melintasi ruang dan waktu melihat perjalanan kemaritiman yang ada di Nusantara.

Dimana lokasi candi borobudur?

Wisata ini tentunya sudah begitu dikenal dan amat mudah bagi sobat traveler untuk menemukannya. Lokasi tepat dari Candi Buddha terbesar di dunia ini adalah di Jln. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa tengah. Untuk mencapai lokasi ini dari Yogyakarta, sobat traveler membutuhkan waktu kurang lebih 2jam perjalanan. Selain Borobudur, Magelang juga menyimpan berbagai wisata dekat candi Borobudur yang tentunya tidak akan sobat lewatkan selepas berkunjung ke Candi Borobudur. 

Berapa harga tiket masuk candi borobudur?

Untuk dapat menikmati kemegahan Candi Borobudur tentunya sobat harus mendapatkan tiket terlebih dahulu, Lantas,Berapa harga tiket masuk candi borobudur? Obyek wisata Candi Borobudur memiliki harga tiket yang menyesuaikan usia pengunjung. Dan tentunya berbeda pada weekdays dan weekend. 

Berikut ini adalah harga tiket masuk Candi Borobudur

  • Wisatawan domestik dewasa harga tiketnya adalah 40 ribu per orang.
  • Wisatawan anak-anak (di bawah 6 tahun) harga tiketnya adalah 12 ribu per orang.
  • Untuk wisatawan mancanegara, harga tiketnya adalah USD 20 per orang
  • Untuk wisatawan mancanegara (anak-anak) harga tiketnya adalah USD 10 per orang

Namun, sobat Traveler dapat memanfaatkan diskon 10% yang akan diberikan jika datang bersama rombongan dengan umlah 30 orang. Diiskon ini akan berlaku untuk semua pengunjung dewasa. Sedangkan untuk rombongan pelajar dengan jumlah minimal 20 orang akan mendapatkan diskon 10%. Jadi sobat tunggu apa lagi, segera ajak rombongan kalian untuk bersama-sama mengnjungi obyek wisata candi Borobudur yang ada di Magelang ini. dan nikmati serunya liburan bersama keluarga, teman dan rekan-rekan kalian.

Untuk akomodasinya, tenang saja! Icha Trans Travel Purbalingga Jogja siap untuk menemani dan mengantarkan perjalanan wisata sobat traveler dengan aman, nyaman dan menyenangkan. Segera hubungi agen travel terdekat Icha Trans. 

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - HARGA TIKET MASUK BOROBUDUR , WAHANA DAN FASILITAS

Check Also

image 1 - Icha Trans - Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Icha Trans – Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta – Obyek Wisata Pantai Sundak adalah salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *