GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU PESONA AIR TERJUN KAKI GUNUNG LAWU - Icha Trans
Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu

GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU PESONA AIR TERJUN KAKI GUNUNG LAWU

Icha Trans – Jika Anda bepergian ke Surakarta, rasanya tidak akan lengkap jika Anda tidak mengunjungi wisata alam yang letaknya dekat dengan kabupaten ini. Ya, Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu. Liburan ditengah suasana Amam memang selalu memberikan pesona yang tiada bandingnya.  Air terjun Grojogan Sewu memang pilihan yang tepat sebagai tempat untuk melepas penat. Menghabiskan waktu disana juga mampu menyegarkan hati dan juga pikiran pada saat bermain dengan dinginnya air di Tawangmangu.

Air Terjun Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yangi cukup unik. Lokasi air terjun  ini ada di kaki Gunung Lawu. Air terjuni ini memiliki tinggi sekitar 81 meter. Dan sesuai dengan namanya Grojogan sewu berarti air terjun seribu . Hal ini bukan berarti air terjunnya berjumlah seribu. Melainkan didasarkan pada satuan pecak atau 1 telapak kaki. Konon air terjun ini memiliki ketinggian 1000 pecak atau kaki sehingga dinamakan Air Terjun Grojogan Sewu.

Dua Pintu Masuk Ke Grojogan Sewu

Sebelum menuju ke air terjun, sobat traveler akan disuguhi hal manarik. Kawasan wisata ini memiliki dua pintu masuk yang dapat sobat lewati. Yang pertama adalah pintu masuk yang berada di dekat Taman Balekambang. Dan pintu masuk kedua berada di dekat River Hill. Masing- masing pintu masuk memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan kedua pintu masuk yang ada di Grojogan Sewu Tawangmangu antara lain:

Pintu Pertama Grojogan Sewu

Pintu masuk ini adalah pintu masuk yang umum dan dikenal oleh banyak wisatawan. Pintu masuk ini tepatnya berada tidak jauh dari Terminal Tawangmangu. Mungkin hal inilah yang membuat wisatawan lebih memilih untuk masuk melalui pintu masuk ini karena aksesnya yang mudah.

Pintu Pertama Grojogan Sewu

Namun, jika sobat masuk mlelaui pintu ini, sobat traveller harus mempersiapkan fisik. Jalurnya mudah dan jalannya pun cukup terawatt dan aman. Fisik yang harus dipesiapkan dikarenakan sobat harus menaiki tangga dengan jumlah kurang lebih sekitar 1000 anak tangga. Anggap saja ini adalah petualangan mendaki kaki gunung lawu dengan hadiah pemandangan luar biasa yang akan sobat traveler dapatkan di Lokasi utamanya. Menikmati perjalanan adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa capai yang sobat rasakan. Hawa yang sejuk pastinya akan terasa menyegarkan badan.

Baca Juga  Agen Travel Purwokerto Terbaik, Icha Trans Travel

Pintu Kedua Grojogan Sewu

Tidak seperti pintu masuk pertama, pintu masuk kedua ini nampaknya cukup bersahabat karena jalurnya yang cukup landau. Di Pintu masuk kedua ini, sobat akan disambut taman kecil dengan patun ular dan katak. Sobat juga akan melihat warung makan yang unik dan special karena sobat pasti tidak akan melewatkannya begitu saja.

sate kelinci tawangangu

Di Warung makan ini menyajikan kulineran khas Tawangmangu yaitu Sate Kelinci dan juga Sate landak. Rasanya sungguh menggugah selara, nikmat dan juga lezat. Apalagi jika dipadukan dengan sambal kacang dengan irisan cabai dan bawang merah, semakin melengkapi kenikmatanya. Sobat Traveller pasti akan dibuat ketagihan jika mencoba kuliner yang satu ini.

Pesona Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu yang memiliki keindahan yang luar biasa. Sobat traveler dapat menikmati air sejuknya air terjun dengan cara duduk diantara bebatuan yang ada disekitarnya. Sobat juga dapat berenang di sebuah cekungan yang berada di sela batuan. Namun, jangan terlalu dekat dengan air terjun. Derasnya debit air yang turun sangat berbahaya bagi sobat traveler.

Pesona Grojogan Sewu Tawangmangu

Panorama dan suasana alam yang ada disekitar air terjun juga masih sangat mempesona. Ada banyak spot dengan backround alami yang dapat sobat ambil untuk diunggah ke media sosial yang sobat miliki.  bagi siapa saja yang tengah berkunjung disini Disana, sobat traveller juga dapat mencoba wahana flying fox ataupun mini rafting yang cukup memacu adrenalin.

Berinteraksi dengan Kera Yang Berkeliaran

Disini sobat akan menjumpai banyak kera ekor panjang yang bebas bermain di kawasan wisata Grojogan Sewu Tawang Mangu. Kera-kera ini seringkali mendatangi pengunjung. Sehingga, sobat traveler dapat berinteraksi langsung dengan kera-kera tersebut.

monyet Grojogan Sewu Tawangmangu

Ada baiknya sobat traveler berhati-hati karena mereka biasanya akan mengambil makanan yang sobat bawa secara paksa.

Baca Juga  Gaya Maia Estianty saat Hadiri Lamaran Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Mitos Grojogan Sewu

Di Lokasi Grojogan sewu ada jembatan yang bernama jembatan Kretek Pegat. Di jembatan ini, setiap pasangan yang melewati jembatan, konon akan segera putus. Di jembatan itulah juga dipercaya ada misteri mengenai sering terjadinya penampakan seorang kakek. Sosok ini dipercaya merupakan lelembut dari golongan andhahan yaitu penguasa Grojogan sewu yang dikenal dengan nama Kyai Baladewa.

jembatan Grojogan Sewu Tawangmangu

Mitos ini tidak lepas dari cerita mengenai Perang Bharatayuda. Grojogan Sewu dipercaya sebagai tempat Prabu Baladewa besemedi saat terjadi perang besar antara Pandawa dan Kurawa atas perintah Sri Krisna. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan Prabu Baladewa dan kesaktiannya dari keberpihakan pada salah satu pihak. Karena tidak ada yang dapat menandingi kesaktiannya.

Beragam Fasilitas

Ada banyak fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini. Sobat dapat dengan mudah menemukan Mushola untuk beribadah. Kamar mandi dan toilet dan ruang ganti. Disini juga sobat dapat bersantai di gazebo dan menikmati makanan di warung-warung yang ada.

Ada mini waterboom dan kolam renang yang dapat digunakan untuk beramain anak-anak. Lengkap dengan area bermainnya, sehingga anak-anak tidak akan cepat bosan jika menghabiskan liburan di Lokasi wisata alam ini. Sobat traveler juga dapat menyewa kuda jika merasa berat untuk mendaki anak tangga di pintu masuk sampai ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu

Harga Tiket Grojogan Sewu Tawangangu pun tergolong murah. Tiket yang disediakan memiliki 2 jenis harga. Yang pertama adalah 20 ribu per orang untuk wisatawan domestik dan 110 ribu per orang untuk wisatawan asing. Sobat dapat mengunjungi kawasan wisata ini setiap hari. Wisata Grojogan sewu buka dari pagi sampai sore hari mulai pukul 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Baca Juga  5 TEMPAT WISATA DI PURBALINGGA YANG LAGI HITS

Kawasan wisata ini dapat dicapai dari 2 arah, yaitu dari arah Solo ataupun dari arah Madiun. Jika sobat datang dari Solo, sobat memerlukan waktu sekitar 45 km menuju ke arah timur dan jika ditempuh dari Madiun kurang lebih 75 km kearah barat daya. Lokasinya tepatnya ada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sobat traveler dapat menggunakan Google Maps untuk lebih mudahnya.

Dengan berbagai keseruan yang ada, apa lagi yang sobat tunggu? Segera rencanakan liburan bersama dengan teman, rekan maupun keluarga ke Grojogan Sewu Tawangmangu. Jangan lupa untuk menghubungi Agen Travel Purbalingga terdekat- Icha Trans. Icha Trans Travel Purbalingga Solo siap untuk menemani perjalanan sobat dengan aman nyaman dan menyenangkan.

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU PESONA AIR TERJUN KAKI GUNUNG LAWU

Check Also

image 1 - Icha Trans - Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Icha Trans – Sejarah Dibalik Indahnya Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta – Obyek Wisata Pantai Sundak adalah salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *