LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN CANDI HINDU TERBESAR - Icha Trans

Ads

LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN CANDI HINDU TERBESAR

Icha Trans – LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN CANDI HINDU TERBESAR -Selain Borobudur, Indonesia juga memiliki Candi yang ditetapkan sebagai situs warisan Dunia oleh UNESCO. Candi tersebut adalah Candi Prambanan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Lokasi yang dekat dengan Candi Borobudur di Magelang yang bercorak Budha, menunjukan bahwa umat Budha dan Hindu hidup berdampingan pada masanya. Dan merupakan bukti kemajuan peradaban yang ada pada masa kerajaan dahulu.

Diduga Candi Prambanan dibangun pada pertengahan Abad ke -9 berdasarkan Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar lokasi Prambanan. Prasasti tersebut berangka tahun 778 Saka (856 M)  dan ditulis pada masa Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Beratus-ratus tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1733 penemuan reruntuhan bangunan candi Prambanan yaitu Candi Siwa dilaporkan oleh C.A Lons. Upaya penggalian dilakukan sampai dengan tahun 1885. Kompleks candi Prambanan terus di bersihkan, dikelompokan dan  dipugar sejak tahun hingga dinyatakan selesai pada tahun 195. Bahkan sampai saai inipun upaya pemugaran Candi Prambanan terus dilakukan seccara bertahap.

Legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bandawasa

Pada saat penemuan Candi Prambanan, belum diketahui sejarah candi ini sehingga terciptalah legenda Roro Jonggrang dan Raden Bandung Bandawasa yang diceritakan turun temurun. Roro Jonggrang adalah seorang putri dari Kerajaan Prambanan yang diperintah oleh Prabu Baka yang memiliki wujud raksasa yang menyeramkan dan dikenal kejam.

Disisi lain, ada kerajaan Pengging yang sering sekali mendapatkan gangguan dari Kerajaan Prambanan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Raja Pengging mengutus putranya yang bernama Raden Bandung Bandawasa untuk mnenyerang Prambanan. Dalam pertempuran, Raden Bandung Bandawas berhasil membunuh Prabu Baka. Karena kecantikann Rara Jonggrang, Raden Bandung Bandawasa jatuh cinta padanya dan ingn menyunting menjadi istrinya.

roro jonggrang LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN

Rara Jonggrang yang tidak ingin diperistri oleh pemuda yang sudah  membunuh Ayahnya itu, mengajukan syarat bahwa Raden Bandung Bandawasa harus membuat candi yang berjumlah 1000 buah dalam waktu semalam. Hal itu dikarenakan Rara Jonggrang tidak berani menolak permintaan Bandung Bandawasa seacra teran-terangan. Tak dikira Raden Bandung Bandawasa menyanggupi syarat yang diajukan dan setelah matahari terbenam, dia bergegas bersemadi untuk memanggil jin untuk membantu mewujudkan syarat tersebut. Dan dalam sekejap Raden Bandung Bandawasa yang dibantu oleh jin sudah berhasil membuat 999 buah candi.

Baca Juga  Simak, Ini Cara Menekan Risiko Stunting pada Anak

Sang putri yang kaget melihat bahwa syarat yang dia ajukan dapat di lakukan oleh Raden Bandung Bandawasa segera berlari ke desa untuk membangunkan rakyat dan membantunya memukul-mukulkan alu (penumbuk padi) ke lesung. Dan membuat ayam jantan berkokok. Tidak lupa juga mereka membuat perapian agar para Jin mengira hari sudah pagi. Benar saja, mendengar suara orang menumbuk padi, ayam jantan para jin suruhan  Bandawasa segera menghentikan pekerjaan karena mereka mengira fajar telah tiba.

Raden Bandung Bandawasa yang melihat kondisi ini, bangkit dari semadi dan bersiap-siap menyampaikan kegagalan kepada Rara Jonggrang. Setelah beberapa lama menunggu, Raden Bandung merasa heran karena pagi tak kunjung tiba. Ia lalu menyelidiki keanehan yang terjadi itu. Dia amat murka mengetahui kecurangan Rara Jonggrang padanya dan mengutuknya menjadi Arca dan melengkapinya menjadi candi ke-1000. Arca ini masih dapat dilihat di Candi Rara Jonggrang yang berada di kompleks Candi Prambanan.

Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan terdiri dari Halaman Luar yaitu areal terbuka yang mengelilingi tiga pelataran, pelataran luar (NJaba), pelataran tengah (Tengahan) dan pelataran dalam (Njeron).

Pelataran Luar (Njaba)

Pelataran luar berbentuk bujur dengan luas kuran lebih sekitar390 meter persegi. Saat ini pelataran luar tinggal reruntuhan. Dan kemungkinnan dahulu pelataran ini dikelilingi oleh pagar batu. Sampai saat ini belum diketahui apakah dahulu terdapat bangunan atau hal lain yang ada di pelataran ini.

plataran LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN

Pelataran Tengah (Tengahan)

Tepat di tengah pelataran luar, terdapat pelataran pelataran tengah yang berbentuk persegi panjang seluas 222 meter persegi. Pelataran ini juga juga dikelilingi pagar batu yang saat ini sudah menjadi reruntuhan Pelataran ini terdiri dari empat teras berundak yang semakin tinggi kedalamnya.

Pada teras pertama yang merupakan teras terbawah, ada 68 candi kecil yang berderet berkeliling dan terbagi dalam empat baris. Pada teras kedua terdapat 60 candi, di teras ketiga terdapat 52 candi, dan di teras keempat, atau teras teratas, terdapat 44 candi. Candi yang ada pada pelataran tengah ini memiliki ukuran yang sama dan saat ini tersisa hanya reruntuhannya saja.

Baca Juga  5 ALASAN LIBURAN ASYIK MENGGUNAKAN JASA TRAVEL

Pelataran Dalam (Njeron)

Pelataran ini adalah pelataran yang paling tinggi letaknya dibandingkan dengan pelataran yang lain. Pelataran ini dianggap sebagai tempat yang paling suci yang memiliki bentuk persegi empat dengan luas 110 meter persegi.  Dikeempat sisinya terdapat gerbang berbentuk gapura dan saat ini hanya gapura di sisi selatan yang masih utuh. Di depan tiap gerbang terdapat sepasang candi kecil dengan tinggi 4m.

candi wisnu LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN

Di pelataran dalam terdapat 2 barisan candi membujur arah utara selatan dan 3 buah candi yang menghadap ke timur di barisan barat candi tersebut adalah Candi Wisnu, Candi Siwa dan Candi Brahma. Ketiga candi tersebut berhadapan dengan 3 buah candi yang disebut candi wahana yaitu Candi Garuda, Candi Nandi dan Candi Angsa.  Candi yang berhadapan tersebut sesuai dengan binatang yang merupakan tunggangan ketiga dewa utama yang ada di Agama Hindu.  Dan pada ujung utara dan selatan lorong terdapat candi kecil berhadapan yang disebut Candi Apit.

Kegiatan Wisata di Candi Prambanan

Liburan di Candi Prambanan akan menawarkan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Candi prambanan merupakan lokasi wisata yang memiliki area yang sangat luas dan banyak sekali terdapat ruang terbuka yang dapat sobat manfaatkan untuk bercengkrama dengan keluarga maupun teman dan rekan. Ruang terbuka tersebut banyak terdapat pepohonan yang rindang dan hijau. Ruang tersebuut juga banyak terdapat berbagai obyek menarik.

taman prambanan

Fasilitas Candi Prambanan juga termasuk sangat lengkap bagi bagi wisatawan yang dating mengunjungi Candi Hindu terbesar ini. Di Prambanan sudah ada fasilitas Mushola, Papan informasi, Restoran, Gazebo, Toilet, Tour Golf cart serta Spot Foto yang dapat sobat gunakan untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa.

Sobat juga dapat berkeliling candi baik dengan berjaan kaki ataupun menggunakan kendaraan khusus yang disiapkan di sekitar area candi seperti kereta wisata dan mobil golf wisata. Atau jika sobat traveler ingin mengetahui sejarah dari candi Prambanan, sobat dapat mengunjungi museum yang ada di area candi Prambanan. Selai itu untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, tidak jauh dari kompleks sekitar candi prambanan ada pusat souvenir yang menawarkan berbagai jenis kerajinan yang dapat Sobat traveler beli sebagai oleh-oleh. Sobat dapat berbelanja dengan puas disini.

Baca Juga  5 PANTAI SNORKELING JOGJA keindahan bawah laut

Lokasi Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan. Dari pusat kota, sobat traveler dapat menuju ke arah timur kurang lebih 17 km. Tidak sulit untuk menemukan lokasi wisata candi ini, karena lokasi wisata candi Prambanan ada di issi kiri dari jalan raya Yogya-Solo.

Informasi Tiket

Mengutip dari halaman resmi Tempat Wisata Candi Prambanan yang diakses pada tanggal 21 November 2020. Tarif wisatawan nusantara per orang untuk sekali masuk untuk usia 10 tahun ke atas Rp.50.000 dan untuk usia 3 sampai dengan 10 tahun adaah Rp. 25.000. Biaya tiket sudah termasuk premi asuransi. Jika sobat traveler mengadakan karyawisata di Sekolah atau kampus dengan jumlah rombongan minimal 20 orang, sobat dapat memperoleh diskon masuk menjadi Rp.25.000 per orang dengan menunjukan surat pengantar resmi dari Sekolah atau Universitas. Sobat juga dapat membeli tiket terusan Prambanan-Borobudur dengan harga Rp.75.000 untuk usia 10 tahun ke atas, dan Rp.35.000 untuk usia 3 sampai dengan 10 tahun. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya $ 25 USD. Candi Prambanan memiliki jam layanan setiap hari mulai jam 06.00 pagi sampai dengan jam 17.00 WIB.

Objek Wisata Dekat Candi Prambanan

Masih belum puas dalam liburan di Candi Prambanan? Tenang saja, tidak jauh dari candi Prambanan, sobat traveler dapat mengunjungi Situs Ratu Boko atau Candi ratu Boko 3 km ke arah selatan disana sobat dapat menemukanspot yang terbaik untuk menyaksikan matahari tenggelam. Sobat juga dapat mengunjungi tebing breksi yang merupakan bekas tanbang breksi yang saat ini disulap menjadi spot wisata foto yang luar biasa oleh tangan terampil para pengukir batu. Lokasi tebing breksi ada di Sambirejo, Prambanan.

sunset ratu boko

Nah sobat, apakah sobat tertarik untuk Liburan di Candi Prambanan saat liburan ke Yogyakarta? Agar tidak repot dalam mencari kendaraan, Icha Trans Travel Purbalingga Solo menyediakan paket wisata yang aman, nyaman dan menyenangkan. Icha Trans menyediakan berbagai armada yang terbaik untuk menemani perjalanan liburan sobat traveler semua.

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - LIBURAN DI CANDI PRAMBANAN CANDI HINDU TERBESAR

Related Posts

​​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (1)