5 KULINERAN JOGJA PALING ENAK YANG WAJIB DICOBA - Icha Trans
5 kulineran jogja paling enak
5 kulineran jogja paling enak

5 KULINERAN JOGJA PALING ENAK YANG WAJIB DICOBA

Icha trans – Tak lengkap rasanya jika menghabiskan waktu kala berwisata ke Kota Yogyakarta tanpa mencicipi lezatnya kulineran yang sudah membahana namanya di Indonesia. Sebut saja gudeg, kopi jos dan kulineran lain yang bisa memuaskan lidah sobat traveler semua. Kali ini icha trans travel purbalingga jogja akan membagikan 5 kulineran jogja paling enak yang wajib sobat coba ketika berkunjung ke kota ini.

Selain sekolah, sejarah kreativitas dan lokasi wisata, ternyata Jogjakarta juga merupakan surge bagi para penikmat kelezatan. Kota Jogjakarta memiliki beragam kuliner unik dan lezat yang akan memanjakan lidah para pemburu makanan enak.

5 kulineran jogja paling enak yang wajib dicoba

  1. Angkringan Kopi Jos Lek Man
  2. Gudeg Yu Djum Wijilan
  3. Sate Klatak Pak Pong
  4. Oseng Mercon Bu Narti
  5. Es buah PK

Yuk dicoba 5 kulineran jogja paling enak ini

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Bercengkrama bersama teman, rekan atau keluarga sembari menikmati udara malam kota Jogja yang hangat tak akan lengkap jika tidak ditemanni kopi dan jajanan khas agkringan jogja. Salah satu Angkringan yang sangat dikenal tidak hanya penduduk local tetapi juga wisatawan adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man. Anda pastinya sudah pernah mendengar nama kopi Jos bukan? Kopi Jos adalah kopi hitam yang disajikan dengan bara api. Sehingga saat bara api masuk ke dalam minuman kopi akan terdengar suara khas dan menimbulkan Aroma harum kopi yang menggoda.

KULINERAN JOGJA PALING ENAK kopi jos

Angkringan yang berlokasi di sebelah utara Stasiun Tugu ini menurut kabar sudah dijalankan oleh 3 Generasi. Selain kopi jos, angkringan ini juga menyediakan berbagai macam makanan yang dapat menemani Sobat berbincang asik dan menghabiskan kopi Jos yang sudah dipesan. Harga dari makanan dan minuman di angkringan ini juga tergolong sangat murah dan tidak akan menguras kantong kita.

Baca Juga  Ini Kebutuhan Protein untuk Turunkan Berat Badan dan Bangun Otot

Gudeg Yu Djum Wijilan

Jogyakarta juga dikenal dengan nama kota gudeg, masakan berbahan dasar nangka yang dimasak dengan santan dan bumbu yang direbus selama berjam-jam serta beralaskan daun jati sehingga berwarna kecoklatan. Gudek sendiri memilki rasa yang manis, gurih dan enak apalagi jika disajian dengan nasi hangat, krecek, atau lauk pendamping lainnya seperti tempe, tahu, telur maupun Ayam.

kulineran jogja paling enak gudeg yu djum

Salah satu warung gudeg yang terkenal di kota ini adalah Gudeg Yu Djum yang sangat popular di Kota Gudeg ini sendiri. Yu Djum sudah menjalankan bisnis kuliner ini dari tahun 1955. Lokasi Gudeg Yu Djum berada di jalan Wijilan No.167, sehingga dikenal dengan nawma Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Dekat dengan lokasi keraton Yogyakarta sehingga amat mudah ditemukan. Sobat akan mendapatkan sensasi meniknmati Gudeg yang Khas dan enak di tempat ini. Jika sobat ingin membawa makanan ini, Gudeg Yu Djum juga menyediakan gudeg kering untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Sate Klatak Pak Pong

Salah satu wisata kuliner yang juga menjadi ciri khas kota Jogjakarta adalah sate Klatak. Berbeda dengan sate kambing lainnya yang biasanya ditusuk dengan lidi atau bambu, sate klatak justru ditusuk dengan jeruji sepeda. Ya, dengan jeruji sepeda, daging kambing yang dibakar diatas bara api ini akan lebih cepat matang dan bumbunya juga lebih meresap dibandingkan dengan tusuk sate yang terbuat dari lidi atau bambu.

kulineran jogja paling enak sate klatak

Sate klatak pak Pong yang berlokasi di Jl. Stadion Sultan Agung, Imogiri, Bantul ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan di pertahankan oleh generasi penerusnya. Jika sobat baru pertama kali mencoba sate ini, jangan kaget jika penyajiannya agak berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Jika sate kambing biasanya disajkan dengam bumbu kecap dan irisan cabai dan bawang merah, sate klatak ini disajikan dengan kuah gulai. Tenang saja rasanya tetap enak dan gurih tidak kalah dengan sate pada umumnya. Hal ini juga yang membuat sate klatak unik dan wajib dicoba bagi sobat penggila kuliner.

Baca Juga  WISATA KALIADEM YOGYAKARTA TUJUAN TERBAIK PARA PENCARI LIBURAN SENSASIONAL

Oseng Mercon Bu Narti

Sobat menyukai masakan super pedas? Maka kuliner oseng mercon bu Narti merupakan kuliner wajib yang harus sobat traveler coba ketika menghabiskan Liburan di Jogjakarta. Oseng mercon ini terdiri dari kikil, gajih, kulit dan tulang muda yang biasa disebut dengan nama koyoran. Beliau sudah menjalankan usaha ini selama 20 tahun. Dalam sehari Bu Narti bisa menghabiskan sampai 20kg cabai untuk memasak oseng-oseng mercon. Sobat akan mendapatkan sensasi pedas yang tidak akan terlupakan. Bahkan kabarnya setiap malam minggu bu Narti akan melipatgandakan rasa pedas pada masakannya.

oseng mercon

Lokasi warung oseng mercon Bu Narti terletak di Jl. K.H Ahmad Dahlan Gang Purwodiningratan, Tidak jauh dari lokasi titik 0km Jogjakarta. Warung ini mulai buka pada pukul 18.00, namun sudah ramai dari pukul 17.00. Maka, jika sobat ingin mencoba kuliner ini disarankan tidak datang terlalu malam. Tenang saja jika Anda tidak suka masakan pedas, Warung oseng mercon Bu Narti juga menyediakan makanan lainnya yang tidak pedas.

Es buah PK

Sobat, jika kita sudah membahas makanan yang pedas, gurih dan lezat. Pada pembahasan terakhir ini icha travel akan membahas kuliner berupa minuman yang menyegarkan. Salah satunya adalah Es buah PK atau es buah Pakuningratan. Sesuai dengan lokasinya yang berada di trotoar Jl. Pakuningratan, Jetis Jogjakarta. Kabarnya es buah PK ini sudah berjualan sejak tahun 1973.

es buah pk

Memang tidak berbeda jauh dari es buah lainnya, es buah PK terdiri dari buah-buahan seperti nangka, cincau, alpukat dan susu. Yang menarik adalah tambahan sirup yang dibuat dengan resep sendiri. Rasa manis dari es buah ini akan melegakan dahaga di tengah panasnya udara Jogjakarta dikala siang hari. Selain itu, warung ini juga sudah menyediakan Bakso pada menunya. Maka jangan heran jika pada saat jam makan siang warung ini akan ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati es buah PK.

Baca Juga  SITU TIRTA MARTA PURBALINGGA, PEMANDIAN ALAMI 7 MATA AIR

Bagaimana sobat traveler? Apakah sobat sudah pernah mencicipi ragam kuliner yang sudah icha trans sebutkan di atas? Atau sobat memiliki rekomendasi kulineran khas jogja yang lainnya? Kalau ada, sebutkan di kolom komentar ya sob. Jangan lupa juga bagikan artikel ini pada teman-teman atau keluarga agar mereka mau mencoba kulineran sembari berwisata ke kota pelajar ini bersama dengan icha trans travel purbalingga solo tentunya.

pinit fg en rect red 28 - Icha Trans - 5 KULINERAN JOGJA PALING ENAK YANG WAJIB DICOBA

Check Also

Wisata Di Surabaya

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Wisata Di Surabaya Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga – Setelah kemarin kita sudah memabahas tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *